Kepuasan Terhadap Layanan Aplikasi PACS Online di RS National Hospital Surabaya

https://doi.org/10.22146/jkki.69737

Yohanes Yohanes(1*), Lutfan Lazuardi(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Aplikasi PACS online merupakan aplikasi yang digunakan oleh RS. National Hospital Surabaya untuk menyimpan data gambar digital Radiologi yang dapat diakses oleh internal rumah sakit dan pasien. Penerapan aplikasi PACS online di RS. National Hospital Surabaya belum maksimal dikarenakan penggunaan pasien masih 50-60%, maka dari itu perlu dilakukan penelitian tentang kepuasan layanan aplikasi PACS online di RS. National Hospital Surabaya.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan terhadap layanan aplikasi PACS online di RS. National Hospital Surabaya.

Metode: Metode untuk penelitian ini menggunakan teori HOT-Fits dan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Mixed Method Research (KUANTITATIF dan kualitatif).

Hasil: Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi PACS online di RS. National Hospital, dengan jumlah sampel 133 responden yang mengisi kuesioner dan 10 responden yang diwawancarai. Hasil penelitian dengan korelasi menunjukkan ada hubungan antara kualitas sistem dengan kepuasan pengguna, kualitas informasi dengan kepuasan pengguna, kualitas layanan dengan kepuasan pengguna dan ada hubungan secara simultan kualitas layanan, kualitas informasi, dan kualitas layanan dengan kepuasan pengguna aplikasi PACS online di RS. National Hospital Surabaya.

Kesimpulan: Hasil penelitian dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan ada pengaruh secara simultan kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan dengan kepuasan pengguna aplikasi PACS online di RS. National Hospital dengan nilai sebesar 84,3%. Sedangkan sisanya (100% - 84,3% = 15,7%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Saran yang diberikan yaitu memonitoring dan mengevaluasi kepuasan pengguna aplikasi PACS online, mengevaluasi dan menerapkan masukkan dari pengguna aplikasi PACS online, dan pengoptimalan dukungan manajemen puncak dalam evaluasi penerapan aplikasi PACS online.

Keywords


Aplikasi PACS online, HOT-Fits, Kepuasan layanan

Full Text:

PDF


References

Abbas, R. and Singh, Y. (2019) ‘Pacs implementation challenges in a public healthcare institution: A south african vendor perspective’, Healthcare Informatics Research, 25(4), pp. 324–331. doi: 10.4258/hir.2019.25.4.324. 2. R. F. De Souza, C. B. Westphall, D. Ricardo, and C. M. Westphall, “Challenges of Operationalizing PACS on Cloud Over Wireless Networks,” ICWMC 2013 Ninth Int. Conf. Wirel. Mob. Commun., no. c, pp. 265–270, 2013. 3. Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian. In Pusdik SDM Kesehatan. 4. Sutrisno, H, 1992. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket,Tes, dan Skala Nilai dengan BASICA. Edisi Pertama,cetakan pertama. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta. 5. DeLoneWH, McLean ER. Informationsystems success: The quest for dependent variable. In- formation Systems Research 1992;3(1): 60-95. 6. Pawirosumarto, S. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning’, Ilmiah Manajemen, VI(3), pp. 333–348. 7. M. M. Yusof, J. Kuljis, A. Papazafeiropoulou, and L. K. Stergioulas, “An evaluation framework for Health Information Systems: human, organization and technology-fit factors (HOT-fit),” Int. J. Med. Inform., vol. 77, no. 6, pp. 386–398, 2008, doi: 10.1016/j.ijmedinf.2007.08.011. 8. Charmaz, K. (2006). Constructing grounded theory: A practical guide through qualitative analysis. Los Angeles, CA: Sage Publications. 9. Mulyadi, D., & Choliq, A. (2019). Penerapan Metode Human Organization Technology (HOT-Fit Model) untuk Evaluasi Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Persediaan (SIDIA) di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.36350/jbs.v7i2.23 10. Ajzen, Icek dan Fishbein, Martin (1980) Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc. 11. Ajzen, Icek (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 50, 179 – 211. 12. D. Krisyanto, “Analisis Pengaruh Human Organization Technology (Hot) Fit Model Terhadap Pemanfaatan Sistem Informasi Di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2016. 13. Nova, Rahadi Fitra. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta. 14. Nurhapsari, P. K. Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi, Kualitas Sistem Informasi, dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi (Survei Pada Tiga Satker KPU Pengguna Software Aplikasi SIA). Tesis. Bandung: Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama; 2013.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.69737

Article Metrics

Abstract views : 1551 | views : 142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
 Web
Analytics View My Stats