Dukungan Orang Tua dalam Mengoptimalkan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Cerebral Palsy: Studi Kasus

https://doi.org/10.22146/jkkk.67951

Silvia Evi Wulandari(1), Sri Hartini(2*), Uki Noviana(3)

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Keperawatan Jiwa dan Komunitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Background: Children need stimulation to support their growth and development process, and furthermore to avoid any disorders. Cerebral palsy may hinder growth and development in children which include gross motor movement, fine motor coordination, speech and social personal problem. Growth and development delays could be improved through intensive stimulations, both from physiotherapist and parental support.
Objective: To describe the effect of parent stimulation toward growth and development improvement in children with cerebral palsy.
Method: This research was qualitative with case study design. Subject was a child with cerebral palsy. Developmental Pre-Screening Questionnaire and Denver II instruments were filled before and after the stimulations were given. The data was analysed using descriptive technique.
Result: There was not any growth improvement after stimulation applied. On the other hand, there was slight improvement in children development after stimulation given, in the form of fine motor movement.
Conclusion: Monitoring and stimulation from parents to children with cerebral palsy improve their development level. Therefore, supportive parents could improve growth and development level of children with cerebral palsy.

 

ABSTRAK

Latar belakang: Proses tumbuh kembang pada anak membutuhkan rangsangan/stimulasi, sehingga dapat meminimalkan terjadinya masalah tumbuh kembang. Anak dengan cerebral palsy pada umumnya mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan baik dari aspek gerak motorik kasar, gerak motorik halus, kemampuan bicara dan berbahasa serta personal sosial. Keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan dapat dioptimalkan dengan stimulasi dari fisioterapi dan dukungan orang tua.
Tujuan: Mendeskripsikan pengaruh pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cerebral palsy sebelum dan setelah dilakukan monitoring serta stimulasi oleh orang tua.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek adalah seorang anak dengan cerebral palsy. Tingkat pertumbuhan dan perkembangan pada anak cerebral palsy di-monitoring menggunakan instrumen Kuesioner Pra-Skrining Perkembangan (KPSP) dan Denver II, sebelum dan setelah dilakukan stimulasi. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil: Dari hasil monitoring oleh peneliti dan orang tua didapatkan hasil bahwa anak tidak mengalami perubahan dalam hal pertumbuhan. Namun, terdapat peningkatan proses perkembangan, meskipun hanya pada gerak motorik halus.
Simpulan: Monitoring dan stimulasi oleh orang tua berpengaruh pada perkembangan anak dengan cerebral palsy. Oleh karena itu, orang tua yang memiliki dukungan baik kepada anak dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan cerebral palsy.


Keywords


cerebral palsy; dukungan orang tua; stimulasi

Full Text:

PDF


References

  1. Marimbi. Tumbuh Kembang, Status Gizi dan Imunisasi Dasar pada Balita. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.
  2. Hasegawa J, Toyokawa S, Ikenoue T, Asano Y, Satoh S, Ikeda T. Relevant Obstetric Factors for Cerebral Palsy: from The Nationwide Obstetric Compensation System in PloS ONE. 2016. 11: e0148122 https://doi.org/10.1371/journal.pone.0148122
  3. Pakula AT & Braun Cerebral Palsy: Classification and Epidemology. Physical Medicine and Rehabilitation Clinics of North America. 2009; 20(3),425-452
  4. Fidan F dan Baysal O. Epidemologic Characteristics of Patients with Cerebral P Open Journal with Therapy Cerebral Palsy. 2014. Diakses pada https://file.scrips.org/pdf/OJTR_2014082613504130.pdf.
  5. Campbell, Suzann K, Palisano, Robert J, Orlin M Physical Therapy for Children Fourth Edition. Missouri: Elseviers Saunders; 2012.
  6. Richards CL, Malouin CerebralPalsy: Definition, Assessment and Rehabilitation. Handb Clin Neurol. 2013; 111: 183-95. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-52891-9.00018-X
  7. Schiariti V, Fowler E, Brandenburg J, Levey E, McIntyre, S, Sukal-Moulton T, Ramey S,L Rose J, Sienko S, Stashinko E, et al. A Common Data Language for Clinical Research Studies: The National Institute of Neurological Disorders and Stroke and American Academy for Cerebral Palsy and Developmental Medicine Cerebral Palsy Common Data Elements Version 0 Recommendations. Dev. Med. Child Neurol. 2018; 60,976–986. https://doi.org/10.1111/dmcn.13723
  8. Darby Ml. Mosby’s Comprehensive Review of Dental Hygiene Ed 7th. United States of America: Mosby Elsevier. 2001; 710-11.
  9. Areeb Sb, Muhammad ZH, Rabia I, Nosheen Risk Factors and Types of Cerebral Palsy. Students Corner Pilot Study. J Pak Med Assoc. 2014: 64(21); 105-7.
  10. Patel DR. Therapeutic Interentions in Cerebral P The Indian Journal of Pediatrics. 2005; 72(11): 979-83. https://doi.org/10.1007/bf02731676
  11. Basaran A, Karadavut KI, Uneri SO, Balbalouglu O, Atasoy N. The Effect of Having A Children with Cerebral Palsy on Quality of Life, Burn-Out, Depression, and Anxiety Scores: A Comparative S Eur J Phy Rehabil Med. 2013; 49: 815-22.
  12. Dalilla Sri. Pengaruh Pemberian Home Program terhadap Peningkatan Fungsional Duduk pada Anak Cerebral Palsy Spastic Diplegi [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta;
  13. Astari SD. Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Kualitas Hidup Lansia di RW 01 Kelurahan Kemiri Muka Depok [Skripsi]. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah;
  14. Azwar, Syaifuddin. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  15. Maryam O, Franzina C, Jonathan D, Nathalie J, Tamara An Update on The Prevalence of Cerebral Palsy: A Systematic Review and Meta-analysis. Developmental Medicine dan Child Neurology. Mac Keith Press. 2013: 55; 509. https://doi.org/10.1111/dmcn.12080
  16. Hinchcliffe A. Children with Cerebral Palsy 2nd E New Delhi: Sage Publications; 2007.
  17. Arisman MB. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC;
  18. Rethlefen S Classification System In Cerebral Palsy. USA: Elsevier Inc; 2010.
  19. Beaman J, Kalisperis FR, Miller S. The Infant and Child with Cerebral P dalam: Tecklin JS, penyunting. Pediatric Physical Therapy. Edisi ke-5. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins; 2015.
  20. Soebadi AA, Kurniawan A, Widodo DP, Nur FT, Pusponegoro HD, Mangunatmadja I, Wahyuni LK, Dwipoerwantoro PG, Indra RM, Handryastuti S, Tajudin TA, Prawitasari T. Proceeding of Update in Child Neurology: Everthing You Should Know about Motor and Movement Problems in C Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang DKI Jakarta UKK Neurologi; 2017.
  21. Kemenkes RI. Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2021.
  22. Neubauer V, Griesmaier E, Pehbock-Walser N, Pupp-Peglow U, Kiechl-Kohlendorfer U. Poor Postnatal Head Growth in Very Preterm Infants is Associated with Impaired Neurodevelopment Outcome. Act Pediatr. 2012; 102: 882-8. https://doi.org/10.1111/apa.12319
  23. Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 tentang Standar Antropometri Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2021.
  24. Klein MD, Delaney TA. Feeding and Nutrition for The Child with Special N USA: Hammil Institute on Disabilities. 1994; 473-533.
  25. Sugiarto Asupan Makan dan Status Gizi Anak dengan Cerebral Palsy [Karya Tulis Ilmiah]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2012.
  26. Christy JB, Chapman CG, Murphy P. The Effect of Intense Physical Therapy for Children with Cerebral P Journal of Pediatric Rehabilitation Medicine. 2012; 5(3): 159-170. https://doi.org/10.3233/prm-2012-0208
  27. Knox V, Evans Evaluation of The Funcional Effects of A Course Off Bobath Therapy in Children with Cerebral Palsy: Preliminary Study. Developmental Medicine & Child Neurology 2017; 44: 447-460. https://citationsy.com/archives/q?doi=10.1017/S0012162201002353
  28. Straub K, Obrzut JE. Effect of Cerebral Palsy on Neuropsychological F J Dev Disabil. 2009; 21: 153-67. https://doi.org/10.1007/s10882-009-9130-3
  29. Syahid A. Gangguan Berbahasa pada Penderita Cerebral Pasly Sebuah Kajian Linguistik K Humanitatis: Journal on Language and Literature. 2020; 2 Vol 6. http://dx.doi.org/10.30812/humanitatis.v6i2.677
  30. Karima R, Handadari W. Modeling sebagai Teknik Melatih Komunikasi Interpersonal pada Anak Cerebral Palsy Klasifikasi Spastic Quadriplegia dan Hipotonia [Thesis]. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga;
  31. Kumin Starting Out: Speech and Language Intervention for Infants and Toddlers with Down Syndrome. In Cohen, W. I., Nadel, L., & Madnick, M. E. (Eds.). Down syndrome. New York: Willey-Liss; 2002.
  32. Sidik J. Gambaran Dukungan Keluarga yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Khusus Kota Tangerang Selatan [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 2014.
  33. Friedman M. Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori, dan Praktik. Edisi ke-5. Jakarta: EGC;
  34. Kharisma A, Indrojarwo BT. Desain Kursi Roda dengan Sistem Kemudi Tuas sebagai Sarana Mobilitas bagi Anak Penderita Cerebral Palsy Usia 6 hingga 10 tahun. Jurnal Sains dan Seni. 2016; 5(2): 271-27. http://dx.doi.org/10.12962/j23373520.v5i2.21007



DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.67951

Article Metrics

Abstract views : 900 | views : 907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Silvia Evi Wulandari, Sri Hartini, Uki Noviana



Lisensi Creative Commons  

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) (p-ISSN: 2614-445, e-ISSN: 2614-498) indexed by: