Gambaran Kepuasan Pengguna Mobile Application Cancer Cervix Caution (Cavixaution) Untuk Pengetahuan Tentang Pencegahan Kanker Serviks

https://doi.org/10.22146/jkkk.80902

Rusyda Anshari(1*), Wiwin Lismidiati(2), Ayyu Sandhi(3)

(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Background: Mobile application Cavixaution is a health education media to improve knowledge about cervical cancer prevention. End User Computing Satisfaction (EUCS) which consists of content, format, accuracy, ease of use, and timeliness as its dimensions, becomes a measurement to determine the success of the implementation of an information system.
Objective: To evaluate the user satisfaction in using mobile application Cancer Cervix Caution (Cavixaution) as health education media for knowledge about cancer cervix prevention.
Method: The study was held in November – December 2019 in the Jagalan Village Bantul. The design of this study was descriptive and cross sectional approach. The data were collected using propotional and purposive sampling that involved 76 women aged 30 – 49 years who were using the mobile application Cavixaution and never done Visual Inspection of Acetic Acid (IVA).
Result: Overall users were satisfied with the mobile application Cavixaution with an average rate of 3,16. The average rate for each EUCS dimensions were as follow: ease of use dimension 3,24 (satisfied), content dimension 3,14 (satisfied), format dimension 3,15 (satisfied), timeliness dimension 3,19 (satisfied) and accuracy dimension 3,10 (satisfied).
Conclusion: Users are satisfied using mobile application Cavixaution. All dimensions have reached satisfaction level, with ease of use dimension had the highest value, while the accuracy dimension had the lowest satisfaction. This study shows that the mobile application Cavixaution can be used as health education media for knowledge about cervical cancer prevention and the application has fulfilled respondent expectation.

ABSTRAK

Latar belakang: Mobile application Cavixaution merupakan media pendidikan kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan kanker serviks. Kepuasan pengguna menjadi suatu pengukuran untuk mengetahui keberhasilan dalam penerapan suatu sistem informasi. End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari lima dimensi, yaitu substansi, tampilan, akurasi, kemudahan dalam penggunaan, dan ketepatan waktu, menjadi salah satu metode untuk mengukur kepuasan pengguna terhadap produk yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Tujuan: Mengetahui gambaran kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile application Cancer Cervix Caution (Cavixaution) sebagai media pendidikan untuk pengetahuan tentang pencegahan kanker serviks.
Metode: Penelitian dilaksanakan pada bulan November – Desember 2019 di Kelurahan Jagalan, Bantul. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan cross sectional. Pemilihan sampel dengan teknik proportional dan purposive sampling dengan melibatkan subjek 76 wanita usia subur, berusia 30 – 49 tahun, yang telah menggunakan mobile application Cavixaution, serta belum pernah melakukan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA).
Hasil: Secara keseluruhan pengguna merasa puas terhadap penggunaan mobile application Cavixaution dengan nilai rata-rata 3,16. Nilai kepuasan untuk setiap dimensi adalah dimensi ease of use 3,24 (puas), dimensi content 3,14 (puas), dimensi format 3,15 (puas), dimensi timeliness 3,19 (puas), dan dimensi accuracy 3,10 (puas).
Simpulan: Pengguna merasa puas dalam menggunakan mobile application Cavixaution. Pada dimensi kemudahan dalam penggunaan, memiliki nilai rata-rata kepuasan tertinggi, sedangkan dimensi akurasi mendapatkan nilai kepuasan paling rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa Mobile Application Cavixaution dapat digunakan sebagai media pendidikan kesehatan tentang kanker serviks, dengan rancangan aplikasi yang telah memenuhi harapan atau keinginan para pengguna.


Keywords


EUCS; kanker serviks; kepuasan pengguna; mobile application Cavixaution

Full Text:

PDF


References

  1. World Health Organization. Human Papilloma (HPV) and Cervical Cancer [internet]. 2019. Available from

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/human-papillomavirus-(hpv)-and-cervical-cancer.

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Infodatin Pusat Data dan Informasi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015.
  2. Dinas Kesehatan Yogyakarta. Profil Kesehatan Provinsi Yogyakarta [internet]. 2017. Available from: http:// www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_2017/14_DIY_2017.pdf.
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015.
  4. World Health Organization. Health Education [internet]. 2019. Available from: https://www.who.int/topics/ health_education/en/
  5. Muljo HH, Perbangsa AS, Pardamean B. Mobile Learning for Early Detection Cancer. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM). 2018; 12(2): 39–53. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v12i2.7814.
  6. Widodo A. Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi RTS (Rail Ticketing System) dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Penumpang KAI Ekonomi Operasi 4 Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen. 2016; 31(2): 160–81. DOI: http://dx.doi. org/10.24856/mem.v31i2.433.
  7. Kotler P, Keller KL. Marketing Management. Prentice Hall, One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey;

2009.


  1. Lee H, Uhm KE, Cheong IY, Yoo JS, Chung SH, Park YH. Patient Satisfaction with Mobile Health (mHealth) Application for Exercise Intervention in Breast Cancer Survivors. Journal of Medical Systems. 2018; 42(12): 1-9. DOI: https://doi.org/10.1007/s10916-018-1096-1.
  2. Fitriansyah A, Harris I. Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Query: Journal of Information Systems. 2018; 2(1). DOI: http://dx.doi.org/10.58836/ query.v2i1.1552.
  3. Olubusola AO. User Satisfaction in Mobile Applications. University of Birmingham. 2015;1-10.
  4. Sutanto Y. Analisis Kepuasan Pengguna Website Manajemen Informatika dengan Metode EUCS Berbasis CMS. Jurnal Informatika. 2015; 2(1): 1–18.
  5. Sari ON. Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Hamil sebagai Pengguna Aplikasi ANCY Care di Kota Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2019.
  6. Damayanti AS, Mursityo YT, Herlambang AD. Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2018; 2(11): 4833–4839.
  7. Hutami RF, Camilla DR. Analisis Kepuasan pada Pengguna Sistem TCS Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: PT. TLK, Bandung). Jurnal Manajemen Indonesia. 2016; 16(1): 15–24. DOI: https://doi.org/10.25124/jmi.v16i1.724.
  8. Prasetyowati A, Kushartanti R. User Satisfaction Analysis of Primary Care Information System in Semarang City with EUCS Model. Unnes Journal of Public Health. 2018; 7(2): 120-125. https://doi.org/10.15294/ujph. v7i2.19305.
  9. Setiawan AB. Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Surat Keterangan Tinggal Sementara Online (SKTS) dengan Metode End User Computing Satisfaction [Skripsi]. Surabaya: Universitas Airlangga; 2016.
  10. Arifah FN, Rosidi A, Al Fatta H. Evaluasi Kepuasan Pelayanan Pengguna Aplikasi Opac Perpustakaan STMIK Amikom Yogyakarta. Creative Information Technology Journal. 2013; 1(1): 46-56. DOI: https://doi. org/10.24076/citec.2013v1i1.9.
  11. Rukmiyati NMS, & Budiartha IK. Informasi dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. 2016; 1,115–142.
  12. Yahya I. Tingkat Kepercayaan terhadap Sebuah Website (Studi Deskriptif Kepercayaan Pengguna Website WinPoin.com, Menggunakan Online Trust) [Skripsi]. Surabaya: Universitas Airlangga; 2016.
  13. Munawaroh L. Pengaruh Mobile Application Cancer Cervix Caution (Cavixaution) terhadap Pengetahuan tentang Pencegahan Kanker Serviks [Skripsi]. Universitas Gadjah Mada; 2020.
  14. Utami SP & Hayurani H. Peningkatan Pengetahuan HIV/AIDS dengan Memanfaatkan Aplikasi Mobile Android. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 2016; 4(1), 29–34. DOI: https://doi.org/10.29313/ethos. v0i0.1701.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.80902

Article Metrics

Abstract views : 498 | views : 247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rusyda Anshari, Wiwin Lismidiati, Ayyu Sandhi



Lisensi Creative Commons  

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) (p-ISSN: 2614-445, e-ISSN: 2614-498) indexed by: