Peran Kelompok Batik Tulis Giriloyo Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

https://doi.org/10.22146/jkn.12507

Arif Nursaid(1*), Armaidy Armawi(2)

(1) Kodam II/ Sriwijaya Palembang Sumatera Selatan
(2) Fakultas Filsafat UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan produktivitas kelompok batik tulis Sekar Arum di Dusun Giriloyo, peran kelompok batik tulis  Sekar Arum dalam memberikan kontribusi pada ketahanan ekonomi keluarga di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta kendala-kendala dan upaya yang ada di lapangan.

Penelitian ini bersifat Mixed Methods Research. Mixed Methods Research pada tahap pertama menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara secara terstruktur, observasi dan studi pustaka yang selanjutnya diproses menggunakan uji kuantitatif. Uji kuantitatif pada penelitian ini menggunakan uji koefisien determinasi, uji t, dan uji analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan yaitu data primer. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan menyebar kuesioner. Penelitian ini menggunakan beberapa indikator dalam mengukur ketahanan ekonomi keluarga. Indikator yang digunakan yaitu berasal dari Badan Pusat Statistik, Bank Dunia, Standar UMK, Peraturan Bupati No 21 A Tahun 2007 tentang Indikator Kemiskinan Kabupaten Bantul.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga kelompok Sekar Arum tidak terklasifikasi dalam keluarga miskin. Keluarga anggota kelompok Sekar Arum memiliki ketahanan ekonomi keluarga yang tangguh. Kendala yang dihadapi berupa sistem marketing produk batik tulis yang belum optimal, sistem laporan keuangan yang kurang profesional, aksesibilitas yang kurang mendukung, ketersediaan jaringan komunikasi yang sangat minim, dan kurangnya kesadaran dan ketertarikan generasi muda untuk membatik. Rekomendasi berupa pengoptimalan marketing berbagai produk batik tulis Giriloyo, pendampingan pembuatan sistem laporan keuangan, menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk perbaikan aksesibilitas, menjalin komunikasi intens dengan provider dan pemerintah kabupaten, dan bekerjasama dengan pemerintah untuk pendidikan dan proses regenerasi.


Keywords


Peran; Kelompok Batik; Ketahanan Ekonomi Keluarga

Full Text:

PDF


References

Badan Pusat Statistik, 2008, Analisis dan Penghitungan Tingkat Kemiskinan Tahun 2008. Jakarta.

Creswell, 2009, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 3rd Edition, California: Sage Publication.

David D. Vaus, 2002, Analyzing Social Science Data: 50 Key Problems in Data Analysis, Thousand Oaks: Sage Publications.

Ghozali, Imam, 2002, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

John W. Lounsbury, Lucy W.Gibson, Richard A. Saudargas, 2006, “Scale Development” dalam Frederick T.L. Leong and James T. Austin, The Psychology Research Handbook: A Guide for Graduate Students and Research Assistants, Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.

Kountur, Ronny. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbirt PPM

Lemhannas, 1997, Ketahanan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka Lemhannas.

Marguerite G. Lodico, Dean T. Spaulding, Katherine H. Voegtle, 2006, Methods in Educational Research: From Theory to Practice (San Fransisco: John Wiley & Sons, Inc.

Santosa P. Budi dan Ashari, 2005, Analisis Statistik dengan Microsoft Exccel & SPSS. Yogyakarta, Penerbit ANDI.

Singarimbun dan Effendi , 1995, Metode Penelitian Survei. Jakarta, LP3ES.

Sudijono, Suhartinah, 2006, “Pasang Surut Batik Tulis Tradisional Bantul, Studi Kasus Batik Tulis Imogiri Tahun 1970- 1998”, dalam Patra-Widya Vol. 7 No. 3. September 2006. Yogyakarta: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta

Sunarti, E., Syarief, H., Megawangi, R., Hardiansyah, Saefudin, A., dan Husaini, 2003, “Perumusan Ukuran Ketahanan Keluarga”, Media Gizi dan Keluarga, 27 (1): 1-11

Tim Sanggar Batik Barcode, 2010, Batik: Mengenal Batik dan Cara Mudah Membuat Batik, Jakarta, Kata Buku.

World Bank, 2005, Indonesia: Gagasanuntuk Masa Depan, Mendukung Usaha Kecil dan Menengah.

Peraturan Perundangan

Undang-Undang No. 10 tahun 1992 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Perkembangan Keluarga Sejahtera

Peraturan Bupati Bantul Nomor 21 A Tahun 2007 Tentang Indikator Keluarga Miskin Kabupaten Bantul Peraturan Pemerintah Nomor 78/ 2015 Tentang Pengupahan Kabupaten Bantul

Wawancara

1. Nur Ahmadi : Ketua Kelompok Batik Tulis



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.12507

Article Metrics

Abstract views : 6958 | views : 6664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Arif Nursaid, Armaidy Armawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats