Pancasila Sebagai Paradigma Dalam Pembangunan Hankamnas

https://doi.org/10.22146/jkn.22114

Armaidy Armawi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap bangsa akan selalu memperjuangkan kepentingan nasionalnya yaitu nilai kelangsungan hidup bangsa dan negara sehingga eksistensi kelzidupan nasional tetap terpeli-hara. Untuk mewujudkan kepentingan nasional tersebut, terjadilah relasi antar bangsa yang penuh dengan berbagai fenomena konflik. Suatu hal yang menjadi perhatian ketika terjadi relasi tersebut yaitu, setiap huhungan yang tercipta tidak akan ahadi, tetapi yang ahadi adalah upaya mewujud-kan kepentingan nasional dari bangsa yang bersangkutan. Perjuangan dari setiap bangsa dan negara untuk mewujud-kan kepentingan nasional juga akan selalu dihadapkan pada perkenzbangan situasi global, regional, maupun nasional. Apahila terjadi perhedaan kepentingan nasional antar satu bangsa terhadap bangsa yang lain, nzaka di situlah timbul berbagai konflik kepentingan yang dapat berkembang sampai mencapai pada tingkat intensitas tertinggi.

Full Text:

PDF


References

Abdulkadir Besar , 1995, Per- kembangan Ideologi-idelogi Dunia dan Ketahanan Na-sional: Kenyataan dan Prediksi Masa Depan, Ga-djah Mada University Press.

Sayidiman Suryohadiprojo: 1997, " Ketahanan Na-sional Indonesia", Jurnal Ketahanan Nasional, Pro-gram Studi Tannas UGM. Yogyakarta, No. II (1) 199-7.

Daniel Bell dan Hendry David Aiken, dalam Richard H. Cox: 1969, Ideologi,and Polical Theory, Wads Wort Publ. Coy Inc, Belmond California.

Mostafa Rejai: 1991, Political Ide-logies, A Comparative Ap-proach, M. E. Sharpe, Inc New York.

Abdulkadir Besar: 1998, " Pan-casila dan Era Globalisasi Suatu Usaha Mencermin-kan Konsekwensinya Yang Perlu Dzjazvab Dalam Peny-iapan Kepribadian Perwira

.16 lunwl Ketahanan Nastonal, XII (1), April 2007

TNI",dalam Visi ABRI Menatap Masa Depan, Djo-ko Subroto dkk (eds) ce-takan keempat,Gadjah Mada University Press,

Daoed Joesoef ; 1987, "Pancasi-la, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan", dalam Soeroso H Prawirohardjo, et.al (eds) 1987; Pancasila Sebagai Orientasi Pe-ngenzbangan Ilmu, Ke-daulatan Rakyat. Yog-yakarta, cetakan pertama.

Wan Usman, 1997: Pemba-ngunan dan Ketahanan Nasional, Masalah, Anali-sis, Perencanaan dan Kebi-jakan. Universitas Terbu-ka.

Saafroeddin Bahar ;1992," Pan-casila sebagai Ideologi dalam kehidupan Per-tahanan Keamanan", dalam Alfian dan Oeto-p 0 esn an (eds), Pan-casila sebagai Ideologi. BP7 Pusat Jakarta.

Dephankam RI, 1997, Kebtjaksa-ntian Pertahanan Keaman-an Negara RI.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22114

Article Metrics

Abstract views : 22941 | views : 27177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Armaidy Armawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats