Revitalisasi Pancasila Dalam Konteks Nation And Character Building

https://doi.org/10.22146/jkn.22122

Armaidy Armawi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Keadaan sehari-hari tampak semberawut, jauh dari rasa aman, ketertiban, keteraturan dan kedisiplinan. Masing-masing memanifestasikan ke-egoisannya dan tidak peduli satu sama lainnya. Ternyata mereka yang dikategorikan sebagai kaum terpelajar sama saja dengan masyarakat awam, tidak mau peduli, egois, serta jauh dari sikap yang berdisiplin. Kondisi ini juga merambah instansi-instansi pemerintah yang juga menunjukkan ketidakteraturan, ketidaktertiban, dan ketidakdisiplinan. Banyak di antara karyawan di waktu jam kerja yang ngobrol, baca koran, dan jalan-jalan, sementara warga masyarakat memerlukan penyelesaian perizinan bagi pengembangan usahanya. Masyarakat lebih memilih untuk mengabaikan peraturan-peraturan dan tidak memiliki nurani sedikitpun ten tang melanggar peraturan-peraturan. Ketidaktertiban, tidak adanya upaya penegakan hukum, dan seringnya menyele-saikan masalah dengan kekerasan sehingga sering bertindak represif, enggan menghargai orang lain serta tidak mau dan mampu berkoordinasi.

Full Text:

PDF


References

Alfian, Ibrahim, 1997; "Nasio-nalisme dan Regionalisme di Wilayah Aceh", Jurnal Ketahanan Nasional, Pro-gram Studi Ketahanan Nasional S.Ps -UGM, Yog-yakarta.

Bahar, Saafroedin, 2001; "Pan-casila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional Bidang Sosial Politik", Jur-nal Ketahanan Nasional, Program Studi Ketahanan Nasional S.Ps -UGM, Yog-yakarta.

Dani Purwanegara, 2004; "Ge-nesis Ide Ketahanan Na-sional", Jurnal Ketahanan Nasional, Program Studi Ketahanan Nasional S.Ps -UGM, Yogyakarta.

Hirotsurte, Kimura, 1999; "De-sentralisasi : Bentuk Baru In asi Nasional", Jurnal Keta anan Nasional, Pro-gram Studi Ketahanan Nasional S.Ps -UGM, Yog-yakarta.

Ichlasul Amal, Armaidy Ar-mawi, (ed), 1996 ; Sum-bangan Ilmu Sosial Ter-hadap Ketahanan Nasional, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

, (ed), 1997 ; Keterbu_

kaan Informasi, dan Keta-hanan Nasional, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

(ed), 1998 ; Regio_

nalisme, Nasionalisme, dan Ketahanan Nasional, Ga-djah Mada University Press, Yogyakarta

Jacob, T, 1999; "Disintegrasi

Armaidy Armawi, Revitalisasi Pancasila 69

Moral Mas arakat dalam Perspektif Ketahanan Na-sional", Jurnal Ketahanan Nasional, Program Studi Ketahanan Nasional S.Ps-UGM, Yogyakarta.

Jacob, T, 1997 ; "Ketahanan Na-sional dan Panetika", Jur-nal Ketahanan Nasional, Program Studi Ketahanan Nasional S.Ps-UGM, Yog-yakarta.

Mardjono, 2004; "Memperta-hankan NKRI melalui Bu-daya", Jurnal Ketahanan Nasional, Program Studi Ketahanan Nasional S.Ps-UGM, Yogyakarta.

Santoso, Budi,SS, 2002; "Peran-an Para Pemimpin dan Patriot Bangsa dalam Mempertahankan Ke-langsungan Hidup Bang sa dan Negara", JurnalKe-tahanan Nasional, Pro-gram Studi Ketahanan Nasional S.Ps -UGM, Yog-yakarta.

Sunardi, R M, 2004; Pembinaan Ketahanan Bangsa, PT Kua-ternita Adidarma, Jakar-ta.

Suradinata, Ermaya, 2001; "Geo-politik dan Geostrategi dalam mewujudkan Inte-grasi Negara Kesatuan Republik Indonesia", Jur-nal Ketahanan Nasional, Program Studi Ketahanan Nasional S.Ps-UGM, Yog-yakarta.

Suryohadiprojo, Sayidiman, 2001; "Integtrasi Ban sa", Jurnal KetahananNa-sional, Program Studi Ke-tahanan Nasional S.Ps-UGM, Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22122

Article Metrics

Abstract views : 2850 | views : 7200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Armaidy Armawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats