Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tata Hukum Indonesia

https://doi.org/10.22146/jkn.22690

Yamin Yamin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini hanya merupakan upaya aktualisasi dengan melakukan interpolasi dan kajian intertekstual dalam suatu pemikiran tentang kedudukan nilai-nilai Pancasila yang pernah dilakukan oleh para ahli hukum. Beberapa sarjana (seperti R. Soepomo, Notonagoro, Padmo Wahjono, A. Hamid S. Attamimi, Abdulkadir Besar, dan Soejadi) pernah mengaktualkan nila-nilai Pancasila dengan menggunakan berbagai pola (seperti deduktif, penjabaran, interpretasi normatif, atau transformasi) karena pada prinsipnya nilai (value) merupakan ranah filsafat -dalam pembidangan filsafat disebut aksiologi atau nomotetis. Para sarjana tersebut tentu memiliki penerus dan tradisi akademik di almamaternya yang dalam keterbatasan tulisan ini tidak perlu disebutkan satu per satu. Namun, yang terpenting adalah komitmen tentang nilai dasar dan nilai instrumental yang berparadigma Pancasila



References

Attamimi, A. Hamid S. "Pancasila: Cita Hukum dalam Kehidupan Bangsa Indonesia," dalam Oetojo Oesman dan Alfian, ed. Pancasila sebagai Ideologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara, Jakarta: BP-7 Pusat, 1991.

Besar, Abdulkadir. Perubahan UUD 1945 Tanpa Paradigma, Amandemen Bukan, Konstitusi Baru Setengah Hati. Jakarta: Pusat Studi Pancasila Universitas Pancasila, 2002.

Kartohadiprojo, Soediman.

Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Jakarta: Gatra Pustaka, 2010.

Notonagoro, "Pan tjasila Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia: Kumpulsan Tiga Uraian Pokok-Pokok Persoalan tentang Pancasila", Tanpa Impresum.

Wahjono, Padmo. Penjababaran Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan, Jakarta: CV Niagara, 1986.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22690

Article Metrics

Abstract views : 13720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Yamin Yamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats