Pengaruh Transportasi Daring Terhadap Ketahanan Ekonomi Pengemudi (Studi Di Wilayah Kota Yogyakarta)

https://doi.org/10.22146/jkn.99646

Lukman Dwi Prasetya(1*)

(1) Batalion
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor pendorong seseorang menjadi pengemudi transportasi daring, untuk mengkaji kondisi ekonomi pengemudi sebelum dan sesudah bergabung dengan transportasi daring, untuk mengkaji dampak pengaruh pendapatan dan pengeluaran terhadap ketahanan ekonomi pengemudi Penelitian ini menggunakan gabungan metode kuantitatif dan kualitatif dengan desain Sequential Explanatory Mixed Methods. Teknik pengumpulan data kuantitatif melalui Kuesioner. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui wawancara.  Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisa regresi linear berganda sedangkan analisis data kualitatif ditempuh melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, faktor pendorong masyarakat bergabung menjadi pengemudi transportasi daring adalah jam kerja yang lebih fleksibel, tuntutan ekonomi dan pendapatan yang lebih baik. Kedua, Pengemudi transportasi daring mengalami peningkatan pendapatan, pengeluaran dan tabungan setelah bergabung ke dalam transportasi daring. Ketiga, pendapatan yang diterima oleh pengemudi transportasi daring rata-rata melebihi UMK Kota Yogyakarta, pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulan oleh pengemudi transportasi daring melebihi standar kemiskinan provinsi DIY, dan memiliki pengaruh terhadap ketahanan ekonomi yang lebih baik.

Keywords


Transportasi daring, pendapatan, pengeluaran, ketahanan ekonomi pengemudi

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA Lusmino, B., Suprihanto, J., & Armawi, A. (2016). Strategi Pengembangan Wirausaha Pemuda Dalam Mewujudkan Wirausahawan Mandiri Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi pada Koperasi Sumekar di Kampung Sanggrahan Pathuk Kecamatan Ngampilan. Jurnal Ketahanan Nasional, 42-60. Fajariah. (2017). Analisis Permintaan Jasa Ojek Online di Kota Makassar. Makasar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin Makassar. Faridah, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat bekerja menjadi driver ojek online sebagai mata pencaharian ekonomi di Jakarta. Tesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah)., Jakarta. Sunarti, E. (2013). Ketahanan keluarga. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 3(6), 143-153. Kagemann, H., Wahlster, W., & Helbig, J. (2013). Securing the Future of German Manufacturing Industry Recommendations for Implementing the Strategic Initiative Industrie 4.0 Final Report of the Undustry 4.0 Working Group. Erwin, P. P., & Karmini, N. L. (2012, November). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 1-60. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index Mankiw, N. G. (2013). Principles of Economics (Third Edition ed.). (C. Sungkono, Trans.) Jakarta: Universitas Indonesia. Nursaid, A., & Armawi, A. (2016). Peran Kelompok Batik Tulis Giriloyo dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Dusun Giriloyo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta) . Jurnal Ketahanan Nasional, 2(22), 217-236. Oktavianti, F. K. (2014). Pendapatan Pembudidaya Ikan Anggota Kelompok Wirausaha Pemuda Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Di Kelompok Wirausaha Pemuda Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 3(20), 27-42. Demografi, L. (2017). Ringkasan Hasil Survei Dampak Go-Jek Terhadap Perekonomian Indonesia. Lembaga Demografi. pp. 1-11. Hendryanti, Ayunditya, & Jessica, A. (2018). Pengaruh Angkutan Online Terhadap Angkutan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Schwab, K. (2017). The fouth industrial revolution. New York: Crown Publishing Group. Sugiyono, Y. (2005). Analisis Statistika-Korelasi Linier Sederhana. Swastika, M. J. (2017). Fungsionalitas Konflik Gojek: Studi Fenomenologi Terhadap Konflik Pengemudi Gojek di Kota Kediri. Jurnal Analisa Sosiologi, 1(6). Wulandari, P. K. (2017). Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Pada Kampung Warna-Warni Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Ketahanan Nasional, 3(23), 300-319. Badan Pusat Statistik. (2011). Analisis dn Penghitungan Tingkat Kemiskinan. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Rizky Septiani, Putu Wuri Handayani, Fatimah Azzahro, 2017. Factors that Affecting Behavioral Intention in Online Transportation Service: Case study of GO-JEK. 4th Information Systems International Conference 2017, ISICO 2017, 6-8 November 2017, Bali, Indonesia Farin, N. J., Rimon, M. N. A. A., Momen, S., Uddin, M. S., & Mansoor, N., 2016. A framework for dynamic vehicle pooling and ridesharing system. In Computational Intelligence (IWCI), International Workshop on (pp. 204-208). IEEE. Wallsten, S., 2015. The competitive effects of the sharing economy: how is Uber changing taxis. Technology Policy Institute, 22 Armidya, Yolanda R., 2015. Banyak Sarjana Jadi Pengemudi Gojek Ternyata Ini Alasannya. . Diakses pada 20 Oktober 2019 Peraturan Perundangan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Peraturan Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Peraturan Menteri Perhubungan No.12 tahun 2019 tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.99646

Article Metrics

Abstract views : 22 | views : 33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Lukman Dwi Prasetya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats