NEGOSIASI KALIGRAFI ARAB KONTEMPORER DALAM LAKU SENI SISWA SANGGAR PESANTREN AL-QALAM GRESIK
Aqim Amral Hukmi(1*)
(1) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Kreativitas siswa dalam menciptakan karya kaligrafi Arab kontemporer menjadi ciri khas Sanggar Pesantren Kaligrafi Al-Qur’an Al-Qalam Gresik. Namun, kajian mengenai proses pembelajaran dan dinamika negosiasi antara tradisi kaligrafi Islam dengan praktik seni kontemporer di lingkungan pesantren masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran seni kaligrafi Arab kontemporer di sanggar tersebut, sekaligus mendalami aspek kreativitas siswa dalam menegosiasikan nilai estetis dan religius ke dalam karya mereka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta divalidasi dengan triangulasi sumber. Analisis data mengikuti model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran berlangsung melalui tiga tahap sistematis orientasi, eksplorasi, dan evaluasi yang mendorong kemandirian serta eksperimen kreatif siswa; (2) kreativitas siswa tercermin dalam keberanian melakukan transformasi bentuk huruf, eksplorasi warna, serta pengkonteksan karya pada ruang religius maupun publik; (3) praktik seni siswa merupakan bentuk negosiasi kultural yang mempertemukan kaidah tradisi Islam dengan inovasi kontemporer, menghasilkan ekspresi estetis yang hibrid, transformatif, dan kontekstual. Dengan demikian, seni kaligrafi Arab kontemporer di lingkungan pesantren tidak hanya menjadi media pembelajaran teknis, tetapi juga sarana dialog kreatif antara tradisi dan modernitas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, A. A. (2021). Contemporary Islamic Calligraphy Learning. Proceedings of the 3rd International Conference on Arts and Design Education (ICADE 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.049
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (1st ed.). CV Cahaya Bintang Cemerlang.
Akpur, U. (2020). Critical, Reflective, Creative Thinking and Their Reflections on Academic Achievement. Thinking Skills and Creativity, 37(August). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100683
Alashari, D. M., Hamzah, A. R., & Marni, N. (2020). The Journey of Islamic Art Through Traditional and Contemporary Calligraphy Painting Article history. UMRAN International Journal of Islamic and Civilizational Studies, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.11113/umran2020.7n3.408
Alhail, H., & Azmi. (2022). ANALISIS KALIGRAFI KONTEMPORER DARI ASPEK WARNA DAN KEKAYAAN IMAJINASI DI SANGGAR AL-BAGHDADI. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 04(03), 218–236. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/vh.v4i3.6163
Asrul, Ananda Rusydi, & Rosnita. (2015). EVALUASI PEMBELAJARAN (2nd ed.). Citapustaka Media.
Asyrofi, S. (2005). KALIGRAFI ISLAM (Pergulatan antara Sakralitas dan Profanitas). Al-’Arabiyah, 1(2). http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8005
Cook, A. B. (2020). Kreativitas Ilmiah melalui Lensa Seni. Matter, 2, 1072–1074. https://doi.org/10.1016/j.matt.2020.03.021
Damajanti, I., Sabana, S., Piliang, Y. A., & Rohidi, T. R. (2017). HERI DONO’S ARTISTIC: AN INTERPRETATION IN SOCIAL AND CULTURAL DIMENSIONS. International Conference of Art, Craft, Culture, and Design “Sustainability, Inter- and Trans-Disicipline, Culture towards Creative Economy,” 359–367.
Faical Ben Khalifa. (2025). Reconceiving Translation: Homi Bhabha’s Hybridity and the Third Space in Literary Translation. International Journal of Translation and Interpretation Studies, 5(2), 16–26. https://doi.org/10.32996/ijtis.2025.5.2.2
Fatmawiyati, J. (2018). Telaah kreativitas. Magister Psikologi Universitas Airlangga, 5. https://www.researchgate.net/publication/328217424
Fitriani, L. (2012). Seni Kaligrafi: Peran dan Kontribusinya terhadap Peradaban Islam. El-Harakah, 13. https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2014
Gozali, A. (2019). Dimensi Spiritual Dalam Seni Lukis Abstrak Kontemporer Indonesia: Sejarah Dan Wacana. Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.33153/acy.v11i1.2609
Gregoriou, M. (2019). Creative Thinking features and museum interactivity: Examining the narrative and Possibility Thinking features in primary classrooms using learning resources associated with museum visits. Thinking Skills and Creativity, 32(April), 51–65. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.03.003
Jinan, M. (2010). KALIGRAFI SEBAGAI RESEPSI ESTETIK ISLAM. SUHUF, 22(2), 142–156. http://hdl.handle.net/11617/2251
Linggarjati, H. (2015). HENDRA BUANA DAN SENI LUKIS KALIGRAFINYA (KAJIAN BIOGRAFI DAN ESTETIKA). Journal of Contemporary Indonesian Art, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jocia.v1i1.1745
Maine, F., & Wegerif, R. (2022). Dialogism. In V. P. Glăveanu (Ed.), The Palgrave Encyclopedia of the Possible (pp. 395–400). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-90913-0_239
Mappalahere, M. T. (2018). Masyarakat Dan Seni Lukis (Suatu Kajian Sosiologi Seni Makna Estetis Seni Lukis Dalam Interaksi Sosial Budaya Masyarakat Kota Makassar). Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 179–190.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Mujahidin, F. M. (2016). PEMIKIRAN KALIGRAFI ARAB DI INDONESIA. Jurnal CMES, 9(2). https://doi.org/10.20961/cmes.9.2.15160
Noor, J. (2015). METODOLOGI PENELITIAN: SKRIPSI, TESIS, DISERTASI, DAN KARYA ILMIAH (5th ed.). PRENADAMEDIA GRUB.
Rispul. (2012). KALIGRAFI ARAB SEBAGAI KARYA SENI. TSAQOFA Jurnal Kajian Seni Budaya Islam, 1(1). https://eprints.uad.ac.id/1486/3/02-tsaqafa-Rispul-kaligrafi-arab-sebagai-seni.pdf
Sahoo, B. R. (2024). Dialectics of culture in structure of feeling: Reading Raymond William’s Marxism and literature. International Journal of Research in English, 6(2), 189–191. https://doi.org/10.33545/26648717.2024.v6.i2c.229
Sarwenda. (2014). PEMBELAJARAN KRITIS DI PESANTREN. Young Progressive Muslim. http://www.ypm-publishing.com
Smith, T. E. (2009). What Is Contemporary Art? University of Chicago Press.
Soeteja, Z. S. (2014). SENI RUPA KONTEMPORER DALAM PENDIDIKAN SENI UNTUK MENINGKATKAN IDENTITAS DAN MARTABAT KEBANGSAAN. INTERNATIONAL CONFERENCE ON ARTS AND ARTS EDUCATION (ICAAE), 13, 15–38.
Suaibi, M. (2017). Pembelajaran Kaligrafi pada Santri Pon-Pes. Al-Falah Lemahabang Kabupaten Luwu Utara [UIN Alaudin Makassar]. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/4084/1/MAHBUB%20SUAIBI.pdf
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. In Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya (3rd ed.). Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=kISeEAAAQBAJ
Venäläinen, P. (2012). Seni kontemporer sebagai pengalaman belajar. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 45, 457–465. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.582
Wiratno, T. A. (2018). Seni Lukis Konsep Dan Metode (1st ed.). CV. Zifatama Jawara. https://doi.org/10.31227/osf.io/2z57p
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aqim Amral Amral Hukmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






