Analisa Melodi pada Gending Sekati Ririg Cenik di Desa Adat Tejakula Kabupaten Buleleng

https://doi.org/10.22146/jksks.52057

I Ketut Aditya Putra(1*), I Gede Arya Sugiartha(2), Ni Made Arsiniwati(3)

(1) 
(2) Program Studi Seni Program Magister Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar
(3) Program Studi Seni Program Magister Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar
(*) Corresponding Author

Abstract


Gending sekati ririg cenik sebagai salah satu diantara kelima gending sekati yang ada di desa adat Tejakula kabupaten Buleleng. Pada sajiannya gending ini menggunakan barungan gamelan gong kebyar. Gending ini disajikan ketika masyarakat setempat sedang melaksanakan upacara dewa yadnya. Melodi merupakan unsur musikal yang bereperan penting dalam terbentuknya suatu karya musik. Gending sekati ririg cenik ini memiliki ciri khas atau keunikan yang dapat dilihat dari rangkaian nada yang disusun menjadi sebuah melodi. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisa melodi pada gending sekati ririg cenik. Sehingga dapat dirumuskan sebuah masalah yaitu bagaimana struktur melodi gending sekati ririg cenik di desa adat Tejakula? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberikan informasi dan pemahaman terkait dengan melodi pada gending sekati ririg cenik di desa adat Tejakula kabupaten Buleleng.


Keywords


gending sekati, ririg cenik, melodi



References

Aryasa, IWM, dkk. Pengetahuan Karawitan Bali. Denpasar: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Proyek Pengembangan Kesenian Bali, 1984.

Bandem, I Made. Prakempa Sebuah Lontar Gamelan Bali. Denpasar: ASTI Denpasar, 1986.

Basabali Wiki. Kamus Basabali online [cited 2019 Oktober 20] available at: https://dictionary.basabali.org/ Dictionary#outline-R, 2019.

Djelantik, A.A.M. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia dan Arti, 1999.

Koentjaraningrat. Sejarah Teori Antropologi. Jld. I. Jakarta: UI Press, 1987.

Miller, Hugh M. Apresiasi Musik. Yogyakarta: Thafa Media, 2017.

Mustika, Pande Gede. Dkk. Laporan Penelitian Mengenal Jenis-Jenis

Pukulan Dalam Barungan Gamelan Gong Kebyar. Denpasar: STSI Denpasar, 1996.

Piaget, Jean. Strukturalisme. terj. Hermoyo. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.

Rembang, I Nyoman, dkk. Sekelumit Cara-Cara Pembuatan Gamelan Bali. Denpasar: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan Proyek Pengembangan Kesenian Bali, 1984/1985.

Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern (Penerjemah Muhamad Taufik). Yogyakarta: Juxtopose Research and Publication Study Club, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sukerta, Pande Made. Tetabuhan Bali I. Surakarta: ISI Press Solo.

Widhyatama, Sila. Sejarah Musik dan Apresiasi Seni. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero), 2012.

Wirawan, I Wayan Arik. “ Analisa Melodi Pada Komposisi Winangun Marga Karya I Ketut Suandita”. BHERI jurnal Ilmiah Musik Nusantara Vol. 13 No.1 September 2014. Denpasar: Jurusan Seni Karawitan ISI Denpasar.



DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.52057

Article Metrics

Abstract views : 4725 | views : 7899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kajian Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is published by Performing Arts and Visual Arts Studies, Graduate School, Universitas Gadjah Mada.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats