Karakteristik Unjuk Kerja Mesin Diesel Menggunakan Bahan Bakar B100 dan B20 Dalam Jangka Panjang

https://doi.org/10.22146/jmdt.v2i2.55523

Wiliandi Saputro(1*), Jayan Sentanuhady(2), Akmal Irfan Majid(3), Willie Prasidha(4), Nico Pradipta Gunawan(5), Thevin Yoga Raditya(6)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan bahan bakar alternatif selalu berkaitan dengan dua masalah global, yaitu meningkatnya penggunaan minyak mentah dan cadangan minyak yang semakin menurun. Disamping itu, sumber energi alternatif menjadi topik yang menarik untuk terus dikaji. Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dengan nilai produksi mencapai 51,8 juta ton pada tahun 2019. Salah satu sumber energi alternatif yang dapat diolah dari minyak sawit adalah biodiesel. Biodiesel dapat digunakan secara langsung sebagai bahan bakar untuk mesin diesel. Tetapi biodiesel memiliki karakteristik yang berbeda dengan solar sehingga akan mempengaruhi unjuk kerja dan hal lainnya pada mesin. Oleh karena itu, penelitian ini akan menentukan pengaruh penggunaan biodiesel terhadap unjuk kerja mesin yang mencakup daya mesin, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik (SFC), dan efisiensi termal. Bahan bakar yang digunakan adalah B100 (100% biodiesel minyak sawit) dan bahan bakar B20 (20% biodiesel minyak sawit + 80% solar) sebagai pembandingnya. Pengujian dilakukan selama 300 jam operasi, dengan beban konstan berupa lampu halogen sebesar 4 kW. Menurut hasil penelitian, mesin berbahan bakar B100 menghasilkan daya, torsi, dan efisiensi termal yang lebih rendah masing-masing sebesar 2,17%; 0,76%; dan 1,25% serta menghasilkan SFC yang lebih tinggi sebesar 14,61% bila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar B20. Hal tersebut dikarenakan karakteristik bahan bakar B100 yang memiliki nilai kalor lebih rendah dan viskositas serta densitas lebih tinggi dibandingkan bahan bakar B20.


Keywords


Biodiesel, diesel engine, palm oil, performance, long term.

Full Text:

PDF


References

BPH Migas, “Kuota dan Realisasi Jenis BBM Tertentu Tahun 2017”, Available from: http://www.bphmigas.go.id/kuota-dan-realisasi-jenis-bbmtertentu#tahun2017

Aji, S., Kusmaningrum., and Herni M, F., “Optimisasi Keuntungan Menggunakan Linear Programming di PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan”, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol.1, No.3., 2014.

Kuncahyo, P., M. Fathallah, A.Z., and Semin, “Analisa Prediksi Potensi Bahan Baku Biodiesel Sebagai Suplemen Bahan Bakar Motor Diesel di Indonesia”, Jurnal Teknik POMITS, Vol.2, No.1, pp. 62-66, 2013.

Suthisripok and Semsamran, “The Impact of Biodiesel B100 on a Small Agricultural Diesel Engine”, Tribology International, Vol 128: 397-409, 2018.

Alloune, R., Balistrou, M., Awad, S., Loubar, K., and Tazerout, M., “Performance, Combustion and Exhaust Emissions Characteristics Investigation Using Citrullus colocynthis L. Biodiesel in DI     Diesel Engine”, Journal of the Energy Institute, Vol. 91, pp. 434–444, 2018. 

Ozsezen et al., “Variable Valve Timing and Its Impacts on Air Parameters of an SI Engine”, Journal of the Faculty of Engineering and Architecture, Gazi University, 2009.

Borhanipour, M., Karin, P., Tongroon, M., Chollacoop, N., and Hanamura, K., “Comparison Study on Fuel Properties of Biodiesel from Jatropha, Palm and Petroleum Based Diesel Fuel”, SAE Technical Paper, 2014.

Liaquat, A. M., Masjuki, H.H., Kalam, M.A., Fazal, M.A., Khan, F.A., Fayaz, H., and Varman, M., “Impact of Palm Biodiesel Blend on Injector Deposit Formation”, Applied Energy, Vol.111, pp. 882-893, 2013.

Kegl, B., Kegl, M., and Pehan, S., “Green Diesel Engines Biodiesel Usage in Diesel Engines”, Springer, London.

Mofijur, M., Masjuki, H.H., Kalam, M.A., Atabani, A.E., Rizwanul Fattah, I.M., and Mobarak, H.M., “Comparative Evaluation of Performance and Emission Characteristics of Moringa     oleifera and Palm Oil Based Biodiesel in a Diesel Engine”, Industrial Crops and Products,       Vol.      53, pp. 78-84, 2014.

Rakopoulos D, Rakopoulos C, Kakaras E, Giakoumis E. Effects of ethanol–diesel fuel blends on the performance and exhaust emissions of heavy duty DI diesel engine. Energy Convers Manage 2008; 49:3155–62.

Gulzar M., Masjuki H.H., Kalam M.A, Varman M., and Fattah R.I.M., Oil Filter Modification for Biodiesel-Fueled Engine: A Pathway to Lubricant Sustainability and Exhaust Emissions Reduction, Energy Conversion and Management 91 (2015) 168–175.

Tripathi RK. and Gupta S., 2018, Evaluation of Engine Performance and Effect on Material of Engine Hardware Due to Prolonged Use of Neat Jatropha Oil and Their Blends in Indirect Injection Diesel Engines, proceedings 5 (2018) 28392–28401

M. Abu-Zaid, An experimental study of the evaporation characteristics of emulsion liquid droplets, Heat Mass Transf. 40 (9) 737–741.

Nagaraja S, Soorya Prakash K, Sudhakaran R, Sathish Kumar M, Investigation on the emission quality, performance and combustion characteristics of the compression ignition engine fueled with environmental friendly corn oil methyl ester-diesel blends, Ecotoxicol Environ Saf 2016; 134:455–61.      https://doi.org/10.1016/j. ecoenv.2016.01.023



DOI: https://doi.org/10.22146/jmdt.v2i2.55523

Article Metrics

Abstract views : 539 | views : 679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.