EKSISTENSI DEVELOPER GAME INDEPENDEN INDONESIA (Studi Kasus Eksistensi Developer Game Indepeden Agate Studio, Creacle Studio, dan Digital Happiness Dalam Perspektif Ekonomi Politik Komunikasi)



ardian indro yuwono(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana developer game independen Indonesia berusaha untuk eksis di tengah persaingan industri game. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan ekonomi politik dengan berdasar kepada tiga pintu ekonomi politik komunikasi yang disampaikan oleh Vincent Mosco. Ketiga pintu yang disebut oleh Mosco adalah komodifikasi, spasialisasi dan strukturasi. Dalam penelitian ini dapat dilihat bagaimana Creacle Studio, Agate Studio dan Digital Happiness menjalankan beragam praktik komodifikasi, spasisalisasi dan strukturasi dalam mempertahankan studio independen mereka dalam industri video game Indonesia. Ketiga studio tersebut melakukan praktik ekonomi politik dengan cara yang berbeda-beda untuk bertahan dik dalam industri video game.


Keywords


Ekonomi Politik, Komodifikasi, Strukturasi, Spasialisasi, Developer Video Game

Full Text:

PDF


References

Anwar, Syarifuddin. 1998. Metode Penelitian. PT. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Curran, J. & Guerevitch, M. Mass Media and Society. Edward Arnold. London. 1996.

Eatwell J., Milgate M., dan Newman P. 1987. The New Palgrave : A Dictionary of Economics. Mamillian. London. Hal 907.

Elen Melkins Wood and John Bellamy Foster (eds). Capitalism sand The Information Age: The Political economy of The Global Communication revolution. Ney York. Monthly Review Press. 1998. hal 3.

Mattelart, A. dan Mattelart, M. 2004. Theories of Communications: A Short Introduction. Sage Publication. London. Hal. 91-104.

McChesney, Robert W. The Political Economy of Global Communication, dalam Robert McChesney,

McQuaill, D. 2000. McQuaill’s Mass Communication Theory. Sage Publications. London. Hal. 563.

Mosco, V. 1996. The Political Economy of Communication: Rethinking and Renewal. Sage. London.

Mosco, V. 2009. The Political Economy of Communication (2nd Edt.). Sage. London.

Novak, Joanne. 2012. Game Development Essentials: Third Edition. Delmar: New York.

Raessens, Joost & Goldstein, Jeffrey. 2005. The History of the Video Game. Dalam jurnal Handbook of Computer Game Studies. London: The MIT Press Cambridge.

Smith, A. 1937.An Inquiry into The Nature and Causes of The Wealth of Nations. Modern Library. New York

Smythe, D. 1981. Dependency Road: Communication, Catpitalism, Consciousness and Canada. Ablex Publishing Corporation. Norwood. hal. 7.

Yin, Robert K.. 2004. Studi Kasus Desain dan Metode, Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




Article Metrics

Abstract views : 172 | views : 172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia



Department of Communication Science

Faculty of Social and Political Sciences

Universitas Gadjah Mada

 

View My Stats