KECAKAPAN DIGITAL: PEMANFAATAN SHOPEE DALAM PENINGKATAN PENJUALAN UMKM SHIROSHIMA INDONESIA PASCA COVID-19

https://doi.org/10.22146/jmki.88512

Meli Firdausi Nazila(1*)

(1) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author

Abstract


Transformasi aktifitas ke media digital di masa pandemi menambah kuantitas pengguna internet di Provinsi DI Yogyakarta. Penambahan kuantitas pengguna internet ini dimanfaatkan oleh UMKM Batik Shiroshima Indonesia untuk memperluas usahanya di era pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan dokumentasi melalui jurnal, buku, dan sumber berita.  Penelitian bertujuan memahami bagaimana pemanfaatan e-commerce Shopee sebagai media promosi online. Teori yang dipakai adalah teori promosi online Kotler dan Amstrong 2017. Pemilihan subyek berupa Shiroshima Indonesia dikarenakan merupakan UMKM yang mengalami tiga fase penjualan yaitu penjualan offline saat pra pandemi, penjualan online saat pandemi serta penjualan online dan offline pasca pandemi. Adapun hasil dari penelitian ini  adalah Shiroshima Indonesia telah memanfaatkan media digital sebagai media penunjang promosi. Shiroshima Indonesia berhasil memasarkan produk batiknya ke 514 kota/kabupaten di Indonesia dan sukses menembus pasar Asia Tenggara dan Eropa. Kontribusi pada riset ini terdapat pada subyek yang diangkat yaitu UMKM Shiroshima Indonesia yang mengalami tiga fase penjualan yaitu penjualan offline  (pra pandemi), penjualan online (pandemi), dan penjualan online dan offline (pasca pandemi). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan wacana bagi pelaku UMKM dalam  memaksimalkan penggunaan media digital.

Kata kunci: Cakap Digital, UMKM, Promosi Online


Keywords


Cakap Digital, UMKM, Promosi Online



References

Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat dan Problem di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388-395. https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39173

Amstrong, Gary dan Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

Bernaldi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech, 4(2), 731-741.

Fachrina, R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM di Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 2(2), 247-254. DOI: https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.75

Farisi, S. A. (2021). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84. DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Fathurrahman, d. (2021). Pentingnya Memiliki Digital Skills di Masa Pandemi. Jurnal Widya Laksmi, 83-90.

Fauziyah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop "Shopee" dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abiwara, 1(2), 45-53. DOI:10.31334/abiwara.v1i2.792

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Keller, Kevin. (2012). Marketing Management. 14th Editions. Person Prentice Hall. New Jersey.

Labib, M. (2015). Pengaruh Direct Marketing Methods terhadap Keputusan Berkunjung di Kampung Gajah Wonderland (Survei pada Tamu Rombongan di Kampung Gajah Wonderland). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 5(1), 889-896. DOI: https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550

Laksana, S. (2021). Post Pandemic Indonesia Regional Development Planning, New Normal, New Orientaton, The Case of West Java. Jurnal Perencanaan Pembangunan, 5(1), 32-50.

Latifah, N., & Widayani, A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 82-93.

Li, H. (2013). Factors Influencing Consumers Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness, 5(4), 161-166.

Maghfiroh, A. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 132-140.

Maksum, A. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang.

Martowinangun, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Management, 1(2), 139-152.

DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Maulana, S., & Susilo, H. (2015). Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pabrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 1-9.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, 1(2), 71-83.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prihadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 15-20. DOI: 10.23917/benefit.v3i1.5647

Purnama, N. E. (2020). Analisis E-Commerce dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 133-142. DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v21i2.8503

Shevany, M. (2018). Analisis Strategi Membangun Brand Awareness E-Commerce Shopee di Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(1), 1-10.

DOI: https://doi.org/10.15642/manova.v1i1.345

Sriyanto, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 163-175. DOI: http://dx.doi.org/10.36080/jem.v5i2.331

Sulistyawati, d. (2020). Marketplace Shopee sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133-142. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Supangat. (2021). Manfaat Shopee Terhadap Brand Lokal Indonesia E-Bisnis Kelas R. Artikel Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Zaenuddin, d. (2021). Perubahan Perilaku Masyarakat Jawa Barat dalam Melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19. Social Work Journal, 11(1), 1-12.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmki.88512

Article Metrics

Abstract views : 8339 | views : 5286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Akreditasi Sinta 3 Crossref Dimensions Garuda Google Scholar ROAD/ISSN APJI

Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia (Online ISSN 2721-396X) is published by the Department of Communication Science (DIKOM), Faculty of Social Science and Political Science (FISIPOL), Gadjah Mada University


 

View My Stats

barbartoto

slot gacor

slot toto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

toto slot

toto slot

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

toto slot

toto slot

barbartoto

barbartoto

Strategy Mahjong Ways 2 Membangun Wild Confidence untuk Menemukan Versi Terbaik Diri Sendiri di Tahun 2025

Putaran Gratis Mahjong Ways 2 Masuk Tren Media Sosial Jadi Simbol Kebebasan Baru di Dunia Virtual

Strategy Mahjong Ways 2 dan Budaya Fokus di Tengah Era Multitasking yang Melelahkan

Strategy Mahjong Ways 2 Diperbincangkan di Forum Digital sebagai Metafora Hidup yang Tak Bisa Ditebak

Mahjong Ways 3 dan Wild Harmony di Tengah Kehidupan Urban yang Penuh Tantangan dan Inspirasi

Strategy Mahjong Ways 2 dan Semangat Hidup Minimalis yang Mulai Mendominasi Tren Perkotaan

Mahjong Ways 3 Menyusup ke Dunia Mode dari Warna, Pola, hingga Filosofi Desain Modern

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

toto 4d

toto 4d

toto 4d

toto slot

slot toto

slot thailand

toto slot

toto slot

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

slot777

slot88

toto slot

slot 4d

slot 4d

idn slot

slot777

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

barbartoto

cara main mahjong ways 2 bikin menang besar

strategi menang jitu di mahjong ways 2

rahasia jackpot di game mahjong ways 2

trik jitu raih kemenangan besar di starlight princess

starlight princess cara jitu dapatkan kemenangan besar strategi licik

strategi menang besar gates of olympus hanya dalam 15 menit

analisis mendalam mahjong wins 5 putaran naga

strategi mahjong wins 5 barbartoto anti bangkrut

jurus ampuh menang besar mahjong wins 3 ritme cepat

bongkar kode manis sweet bonanza barbartoto kunci scatter

mendapatkan scatter hitam di mahjong wins dan raih maxwin rp99626626

permainan pragmatic play maxwin miliaran

situs slot mahjong ways 2 viral indonesia

hujan maxwin orionid permainan slot mahjong wins

sensasi perjalanan menuju permainan pragmatic play untuk membuahi maxwin miliaran di indonesia menjadi memanas

jadi bahan perbincangan situs slot mahjong ways 2 menjadi viral di populasi indonesia saat ini

hujan maxwin orionid 21 oktober 2025 memberikan kesempatan permainan slot mahjong wins berkembang pesat di indonesia

pola serangan coach shin tae yong yang bisa memecahkan slot mahjong ways 2 di barbartoto terungkap

berita perselingkuhan aris seleb jule geger karena kedapatan bermain slot mahjong ways 2 secara diam diam

dari hobi iseng ke perjalanan spiritual rahasia mahjong ways 2 yang menyentuh banyak hati

fenomena mahjong ways 3 ketika hiburan digital jadi sumber inspirasi dan healing di tengah kesibukan modern

inspirasi tak terduga dari mahjong ways 2 bagaimana game ini mendorong mindfulness di era digital

mahjong ways 3 dan fenomena healing culture dari tekanan hidup ke rasa syukur lewat setiap putaran

mahjong ways 3 dan gaya hidup digital nomad kisah inspiratif di balik kebebasan finansial generasi z

mahjong ways 3 viral lagi warga net ceritakan wild moment saat putaran gratis bikin hidup berubah

putaran gratis mahjong ways 2 jadi tren baru di dunia kreatif menginspirasi seniman muda lokal

strategy mahjong ways 2 yang disukai generasi milenial antara fokus kreativitas dan makna kemenangan

strategy mahjong ways 2 yang mengubah rutinitas malam jadi momen refleksi dan produktivitas tak terduga

wild feeling mahjong ways 3 saat game jadi metafora kehidupan tentang kesabaran dan keberanian

refleksi diri dari wild mahjong ways dan perubahan rtp live

pola wild mahjong ways beri pelajaran hidup yang tak diajar di sekolah

volatilitas tinggi mahjong wins 3 vs kemenangan konsisten mahjong ways

fenomena digital strategi wild mahjong ways dan rtp live

waktu terbaik analisis pola wild mahjong ways dan rtp live

wild mahjong ways dan rtp live simpan filosofi tentang kesabaran

mahjong ways dan pola wild punya nilai logika menarik

pelajaran fokus dari kombinasi mahjong ways dan rtp live

pola wild mahjong ways cermin fokus dan kesempatan dalam hidup

mahasiswa temukan pola fokus dari strategi wild mahjong ways

wild mahjong ways dan rtp live cermin menghadapi tekanan hidup

strategi wild mahjong ways dan rtp live tentang kesabaran dan konsistensi

makna psikologis pola wild mahjong ways dalam kehidupan sehari hari

pelajaran hidup dari wild mahjong ways dan rtp live tentang kesempatan

refleksi diri dari wild mahjong ways dan perubahan rtp live

komunitas digital bahas wild mahjong ways dan dinamika rtp live

rahasia stabilnya rtp live dan pola wild mahjong ways

jason tukang bakso dumai ikut ikutan main crypto gold sambil rebahan malah scatter muncul terus bonus rp 35 juta

warga depok salah download diamond strike malah dapat jackpot saat loading lama

10 trik madame destiny megaways yang diklaim pemain malah bikin scatter muncul terus

10 trik the dog house megaways yang diklaim ampuh malah bikin scatter muncul terus

abdullah driver gojek scrolling hp sambil rebahan malah temukan pola sweet bonanza x1000 frequency scatter naik

bidan asal bima lihat hp orang main great rhino megaways malah ketemu bug hit rate extreme

guru sd pinggiran kota singaraja liat tiktok crypto gold malah kaya mendadak hebohkan warga

instruktur gym pinggiran kota kebumen tertidur sambil pegang hp fire strike malah scatter beruntun jackpot 35 juta

karyawan toko asal cirebon ngelihatin muay thai champion saat lagi kerja malah modal balik 100x

warga asal bangka belitung gak sengaja klik legendary monkey king malah suara coin terus berbunyi

pemain sulawesi tenggara kepo liat treasures of aztec malah baterai drop saat jam makan siang

pensiunan tanjung pinang nonton youtube tutorial caishen wins malah temukan hit rate extreme maxwin 200 juta

sales toko pinggiran kota balikpapan main zeus vs hades di toilet malah jackpot beruntun 67 juta

wanita maluku liat tiktok big bass bonanza saat di toilet malah bonus berkali kali rp 500 juta

warga asal kalimantan utara cek notifikasi fire strike 2 saat alarm berbunyi

yuni pelayan restoran garut cek notifikasi extra juicy malah dapat jackpot 259 juta saat sinyal hilang

adi pedagang pakaian kendari cek notifikasi muay thai champion malah layar berkedip epic win 500 juta

data entry asal bandung kepo cobain caishen wins malah kemenangan beruntun rp 918 juta

kasir supermarket asal medan gak sengaja klik fruit party di warteg malah raih kemenangan berturut rp 95 juta

nelayan pinggiran kota purwokerto coba coba cowboys gold di terminal malah raih super win 300 juta

pemain nusa tenggara barat liat tiktok big bass bonanza malah dapat win streak panjang hingga rp 500 juta