Proses Penyusunan Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada Tentang Pola Klasifikasi Arsip di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (Studi Kasus di Arsip Universitas Gadjah Mada)

https://doi.org/10.22146/khazanah.48709

Kurniatun Kurniatun(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) tentang Klasifikasi Arsip di Lingkungan UGM sejak penyusunan draf hingga diproses di Bagian Hukum dan Organisasi (Hukor) UGM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research dan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan sejak proses penyusunan draf klasifikasi arsip sampai dengan menjadi Peraturan Rektor UGM tentang Klasifikasi Arsip di Lingkungan UGM. Proses pembuatan peraturan rektor ini cukup rumit dengan waktu yang relatif panjang yaitu sejak tahun 2015 sampai dengan 2019. Saat proses pembuatan peraturan rektor ini masih berjalan, UGM mendapat undangan dari Kemenristekdikti untuk terlibat dalam pembahasan/penyusunan peraturan tentang klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip dan sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip.  UGM turut berkontribusi dalam penyusunan Permenristekdikti  Nomor 23 Tahun 2018 tentang Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Keywords


arsip; klasifikasi arsip; peraturan rektor

Full Text:

PDF


References

Andi Prastowo, 2016, Memahami Metode-metode Penelitian, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Ar Ruzz Media, Yogyakarta.

 

Sauki Hadiwardoyo, 2002, Terminologi Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

 

V. Wiratna Sujarwadi, 2014, Metodologi Penelitian, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

 

Ratu Fauziah. 2018. Penerapan Skema Klasifikasi dalam Sistem Kearsipan Elektronik di K.A.P  X, Y, Z dan Rekan. Skripsi. Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

 

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Kearsipan di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

 

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 23 Tahun 2018  tentang Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

 

Keputusan Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Nomor 41268/A.A1/KP/2008 tentang Pola Klasifikasi Kearsipan di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.

 

Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 408/P/SK/HT/2009 tentang Jadwal Retensi Arsip dan Pedoman Penyusutan Arsip di Lingkungan Universitas Gadjah Mada.

 

Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 13 Tahun 2018 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Universitas Gadjah Mada.

 

 “Pengantar Kearsipan”, http://docplayer.info/31728652-Pengantar-kearsipan-dra-sumartini.html, diakses 1 Agustus 2019 pukul 12.15 WIB.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.48709

Article Metrics

Abstract views : 1190 | views : 707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats