Penerapan Manajemen Pengetahuan dalam Pengelolaan Dokumen di Perpustakaan STIKes Guna Bangsa

https://doi.org/10.22146/khazanah.53067

Thoriq Tri Prabowo(1*)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan sebagai sebuah organisasi tidak lepas dari berbagai kegiatan. Dilaksanakannya kegiatan-kegiatan tersebut berimplikasi pada bertambahnya jumlah dokumen, sehingga perpustakaan menemukan permasalahan mengenai pengelolaan dokumen. Sebagai salah satu perpustakaan akademik di Yogyakarta, Perpustakaan STIKes Guna Bangsa juga mengalami persoalan tersebut. Keterbatasan jumlah pustakawan, yang hanya terdiri dari dua pustakawan mengharuskan mereka untuk mengimplementasikan manajemen pengetahuan untuk mengelola dokumen-dokumen tersebut. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Peneliti menjadi instrumen dalam penelitian ini. Adapun metode pengumpulan datanya adalah wawancara dan observasi. Kedua pustakawan STIKes Guna Bangsa menjadi informan dalam penelitian ini dan peneliti juga melakukan Focus Group Discussion untuk menemukan kesepahaman. Metode analisis datanya meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa implementasi manajemen pengetahuan berimbas pada meningkatnya kompetensi pustakawan dalam mengelola dokumen. Sejak proses penciptaan pengetahuan dalam siklus pengelolaan dokumen, diperlukan adanya integrasi pengetahuan dengan proses sharing antarperpustakaan, dan adanya standard operating procedure (SOP) yang terlahir karena proses tersebut. Dua hal yang menjadi catatan dalam hal ini adalah minimnya SDM serta minimnya infrastruktur. Keduanya menjadi tantangan atas kegiatan implementasi manajemen pengetahuan.


Keywords


berbagi pengetahuan; manajemen dokumen; manajemen pengetahuan

Full Text:

PDF


References

Aldi, B. E. (2005). Menjadikan Manajemen Pengetahuan Sebagai Keunggulan Kompetitif Perusahaan Melalui Strategi Berbasis Pengetahuan. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, 2(1), 58–68.

Bernstein, J. H. (2009). The Data-Information-Knowledge-Wisdom Hierarchy and Its Antithesis. NASKO: North American Symposium on Knowledge Organization, 2(1), 68–75.

Curtin University. (t.t.). Using Paper Files. Record and Information Management Curtin Univerity. Diambil dari https://rim.curtin.edu.au/local/docs/UsingPaperFiles.pdf

Fischer, G., & Ostwald, J. (2001). Knowledge Management: Problem, Promises, Realities, and Challenges. IEEE Intelligent System, 60–73.

Forcier, E. (2013). The Shoemaker’s Son: A Substantive Theory of Social Media Use for Knowledge Sharing in Academic Libraries (Theses). School of Library and Information Studies University Alberta, Alberta.

Jo, B. (1990). Effective Library and Information Centre Management. Brookfield: Gower Publishing Company.

Lumbantobing, P. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Bandung: Knowledge Management Society Indonesia.

Ming-Yueh Tarng, & Han-Yuh Liu. (1994). Creating Document Management System. Industrial Management and Data System, 94(9), 9–15.

Prabowo, T. T. (2016a). Hubungan Antara Implementasi Manajemen Pengetahuan dan Kompetensi Pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Theses). Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Prabowo, T. T. (2016b). Implementasi Manajemen Pengetahuan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 4(2), 161. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i2.9970

Ralph, L. L. (2008). An Investigation of a Knowledge Management Solution for Reference Services (PhD Theses). Graduate School of Computer and Information Sciences Nova Southeastern University, Fort Lauderdale.

Rodin, R. (2013). Penerapan Knowledge Management di Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan STAIN Curup. Khizanah Al-Hikmah, 1(1), 35–46.

Sangkala. (2007). Knowledge Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Stevenson, J., & Collin, P. H. (2006). Dictionary of Information and Library Management Second Edition. London: A & C Black Publishers.

Kurniawati, S. (2012). Model Penerapan Knowledge Management pada BUMN Penyelenggaraan Bisnis Jasa Telekomunikasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Koperasi, 7(1), 285–300.

Ugwu, C. I., & Ezema, I. J. (2010). Competencies for Successful Knowledge Management Applications in Nigerian Academic Libraries. Journal of Library and Information Science, 2(9), 184–189.

Waltz, E. (2003). Knowledge Management in the Intelligence Enterprise. Norwood: Artech House Information Warfare Library.

Yusup, P. M. (2012). Perspektif Manajemen Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, Pendidikan dan Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pers.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.53067

Article Metrics

Abstract views : 307 | views : 184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats