Beberapa Aspek Hidrokimia Hutan Pinus

https://doi.org/10.22146/mgi.12741

Sudarmadji Sudarmadji(1*)

(1) Fakultas Geografi UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Air alam tidak pernah murni tersusun atas H2O. Banyak faktor yang bekerja bersama-sama mempengaruhi kualitas air sehingga menghasilkan kualitas air seperti yang teramati. Faktor yang secara signifikan berpengaruh terhadap kualitas air di daerah hutan dan sekitanya atau air yang berasal dan kontak dengan hutan. Beberapa jenis hutan telah diisukanmempunyai pengaruh signifikan terhadap hasil air, juga terhadap kualitas air. Di antara hutan tersebut adalah hutan Pinus Merkusii yang banyak terdapat di pulau Jawa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua buah catchment kecil yang tertutup hutan pinus mercucii di Kecamatan Kalirujut, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Beberapa sampel air telah diambil meliputi sampel air hujan, stemflow, throughfall dan limpasan. Kualitas air dari sampel tersebut dianalisis di laboratorium untuk mengetahui beberapa parameter sifat fisik dan kimia air. Penelitian ini menunjukan bahwa hutan pinus mengingkatkan kadar parameter kimia air pada stemflow dan throughfall.


Full Text:

PDF


References

American Public Health Association 1975. Standard Methods for the Examinadon of water and Winter-water. APHA Washington DC.

Bruijrueel, L.A., 1990. Hydrology of M oist Tropical Forest and Effects of Conversion : A Stare of Knowledge Review. Unesco lmemational Hydrologic Programme, Free University, Amsterdam.

·

Fakultas Kehutanan UGM, 1993. Pengaruh Hutan Pinus terhadap Tata Air dan Tanah. Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah Fakultas Kehutanan UGM, Yogyakarta.

Hem, J.D., 1970. Studyand Interpretation of the Chemical characteristics of National water. US. Goological Survey Water Supply Paper No. 1473.Government Printing Office, Washington DC.

Lee, R. 1980. Forest Hydrology. Colombia University Press, New York.

Sudarmadji, Suyono dan Slamet Suprayogi, 1993. Perbandingan Neraca Hidro-Geokimia pada Daerah Hutan dan Non Hutan di daerah mangunan Girirejo Daerah Istimewa Yogyakarta. Lembaga Penelitian UGM, Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.12741

Article Metrics

Abstract views : 858 | views : 751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 164/E/KPT/2021

Volume 35 No 2 the Year 2021 for Volume 40 No 1 the Year 2025

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI