Kontribusi PT. Telkom dalam Pengembangan UMKM Perkotaan di Kota Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/mgi.36547

Cika Fauziyah(1), Tri Kuntoro Priyambodo(2), Sri Rum Giyarsih(3*)

(1) Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada
(3) SCOPUS ID: 57191891077. Faculty of Geography, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi PT. Telkom dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah perkotaan dan implikasinya terhadap ketahanan wirausaha ekonomi pemuda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data  dilakukan dengan reduksi data, kategorisasi, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Telkom telah berkontribusi terhadap pengembangan UMKM perkotaan yaitu : memberikan informasi  secara cepat, memberikan akses pasar melalui pameran/promosi, memberikan jangkauan pelayanan yang luas, dan memberikan akses untuk peluang bisnis. Penelitian ini juga menemukan bahwa UMKM perkotaan berimplikasi untuk peningkatkan ketahanan wirausaha ekonomi pemuda dalam hal : memiliki jiwa kreatif dan pantang menyerah, memiliki daya saing yang tinggi, meningkatnya kemandirian ekonomi pemuda, meningkatnya kesempatan kerja, bertambah majunya usaha yang ditekuni pelaku UMKM perkotaan, dan meningkatnya keterampilan pemasaran online pelaku UMKM perkotaan.

 

 This study aimed to determine the contributions of PT. Telkom to the development of urban Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) and their implications in the entrepreneurial resilience of youth economy. This qualitative descriptive research employed in-depth interview, observation, and documentation for data acquisition. The data analysis involved several steps, namely data reduction, categorization, display, and conclusion. The results affirmed several contributions of PT. Telkom to the development of urban MSMEs, namely the provisions of : quick information, access to market through exhibition/promotion, a wide range of services, and  access to business opportunities. This research also found that the urban MSMEs had implications in the entrepreneurial resilience of youth economy. For instance, the application has successfully increased creativity and tenacity, high competitiveness, economic independence, job opportunities by improving the business run by the urban MSMEs, and the online marketing skills of the urban MSMEs.


Keywords


PT. Telkom, UMKM perkotaan, smartbusiness; ketahanan wirausaha; ekonomi pemuda



References

Aprilia. (2010). Ketahanan Nasional di Bidang Ekonomi .http://aprilia180490.wordpress.com/2010/04/09/ketahanan-nasional-di bidang-ekonomi (diakses 08 Oktober 2017 pukul 23: 37 WIB).

Astuti, M., dan H.C. Wahyuni. (2018). Strategi Implementasi Green Human Resources Management Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen, Strtategi Bisnis dan Kewirausahaan 12 (2) :121-128

Busquets, J. (2010). Orchestrating Smart Business Network Dynamics for Innovation. European Journal of Information System 19 : 481-493

Cholid dan Ahmadi. (2010). Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.

Dhamayantie, E., dan R. Fauzan. (2017). Penguatan Karakteristik dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja  UMKM. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan 11 (1) : 80-91

Dirpan, A., E. Heniwati., M.Y. Patawari., and A.B. Birawida. (2019). Community Service in Kecamatan Patampanua : Improving Community’s Economy and Prosperity Through the Establishment of Pisang Sale’s UMKM. IOP Conf. Series : Earth and Environmental Science 235 : 1-8, doi 10.1088/1755-1315/235/1/012026

Fahmi, M. (2014). Yogyakarta Dari Kota Pelajar Menjadi Kota Developer .https://id.techinasia.com/local-corner-yogyakarta-dari-kota-pelajar-menjadi-kota-developer fahmi muhammad 2014 (diakses 09 Oktober 2017 pukul 11: 50 WIB).

Fatimah Y. (2016). Peran Pemuda dalam Pengembangan Eduwisata Energi Terbarukan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah: Studi di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Fauziah.  (2010). Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Muara Indah

Gunadi dan Djony. (2013). Istilah Komunikasi. Jakarta: Grafindo Persada.

Haroen, D. (2014). Personal Brending. Jakarta: PT. Gramedia.

Isnida, R. (2014). Peran Teknologi Dalam Perkembangan Industri Global .http://rizkyisninda.blog.binusian.org/peran-teknologiinformasi-dalam-perkembangan-industri-global/ (diakses 08 Oktober 2017 pukul 23: 38 WIB).

Jingye, L.,and T. Takehiro. (2016). Practical Process for Introducing Smart Business Continuity Management of Smart City in Japan. Procedia Engineering 146 :288-295

Julisar, E.M. (2013). Pemakaian E-Commerce Untuk Usaha Kkecil dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Bisnis dan UKM. Vol.4 No. 2 Desember 2013: 638-645.     

Leavy, B. (2019). Alibaba Strategist Ming Zeng “Smart Business” in the Era of Business Ecosystem.Strategy & Leadershop 47 (2) : 11-18, https : //doi.org/10.1108/SL-01-2019-0006

Kasali, R. (2013). Cracking Zone. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Makmur, R. (2016). Bisnis Online, Bandung: Informatika.

Mendling, J.,B. Baesens, A. Bernstein.,and M. Fellmann. (2017). Challenges of Smart Business Process Management : An Introduction to the Special Issue. Decision Support System 100 : 1-5

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhtarom, H. (2016). Makalah Era Digital . http://hawarimuhtarom.blogspot.co.id/2016/11/makalah-tantangan-era-digital.html (diakses 08 oktober 2017 pukul 23: 41 WIB).

Pau, L.F. (2012). Smart Business Networks : Interaction-Coordination Aspects and Risk. Business Process Management Journal 18 (5) : 829-843

Pau, L.F. (2014). Discovering the Dynamics of Smarts Business Networks. Computer Management Science 11 : 445-458

Peratalo, S., and P. Ahokangas. (2018). Towards Smart City Business Models. Journal of Business Models 6 (2) : 65-70

Peraturan Menteri BUMN Per-02/MBU/7/2017 tanggal 05 Juli 2017 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

Perrin, R. (2016). Retaining Older Employees is A Smart Business Move. Strategic HR Review 15 (6) : 246-249

Putri, N.K.N.,dan N.N.K. Yasa. (2018). Peran Inovasi Produk Memediadi Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pie Susu di Kota Denpasar). Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 12 (2) : 111-120

Ramelan, R. (2008). Teknologi dan Masyarakat. Bandung: Lubuk Agung.

Santosa, I., D. Yuwandini., dan S.A. Mustaniroh. (2015). Pengaruh Kredit dan Sumberdaya Manusia terhadap Kinerja UMKM Agroindustri dengan Pemasaran sebagai Variabel Antara. (2015). Jurnal Manajemen & Agribisnis 12 (3) : 174-182

Siswanto, V.K., B.U. Aulia., E. Umilia., and I. Hekmachtyar. (2018). Mapping and Arrangement of Development Strategy for Creative Industry of UMKM Kampong Dolly in Surabaya, Case Study : Fashion Small Industry. IOP Conf. Series : Earth and Environmental Science 202 : 1-7, doi 10.1088/1755-1315/202/1/012074

Smartbusiness.co.id/solusi -bisnis-Direktori dan Produk Usaha Kecil Menengah, dilengkapi informasi solusi, peluang dan regulasi bisnis.(diakses 03 Desember 2017 pukul 19: 50 WIB).

Syuhada, S., A. Tasman., Hardiani. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah 2 (2) : 93-98

Sutarman.  (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, M. (2005). Aplikasi IT untuk UKM Menghadapi Persaingan Global. Yogyakarta: KedaulatanRakyat.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan Pasal 1 ayat 1.

Van Hack, E and P. Vervest. (2009). Smart Business Networks : Concepts and Empirical Evidence. Decision Supports System 47 : 275-276

Ward, H. (2012). Pemasaran Internet. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Wiagustini, N.L.P., I.G.B. Wiksuana., D.K. Sintaasih., dan I.A.N. Saskara. (2014). Model Pemberdayaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Sebagai Sumber Pendanaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Gianyar.  Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan 8 (1) : 18-25

Widyastutik., H. Mulyati., E.I.K. Putri.(2010). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Klaster UMKN Alas Kaki di Kota Bogor Yang Berdaya Saing. Jurnal Manajemen & Agribisnis 7 (1) : 16-26



DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.36547

Article Metrics

Abstract views : 467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 30e/KPT/2018

Volume 31 No 2 the Year 2017 for Volume 35 No 2 the Year 2021

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI