Pendalaman Dan Praktik Kebangsaan (Petik) Sebagai Alternatif Penguatan Pendidikan Berkarakter Pancasila Di Indonesia (Studi Kasus Pelaksanaan Program Kemahasiswaan Petik Utm)
helmy - Boemiya(1*)
(1) University of Trunojoyo Madura
(*) Corresponding Author
Abstract
Permasalahan terkait wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan penguatan, sebab hal tersbut merupakan pembangunan karakter bangsa. Pada beberapa fakta dewasa ini telah terjadi upaya penuruan kualitas nilai-nilai kebangsaan dan dinamika perdebatan Pancasila yang terus menerus hadir. Beberapa kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah salah satunya Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dan Perpres No 7 Tahun 2021 tentang RAN PE. Beberapa instansi dan lembaga telah melakukan terobosan guna menguatkan Pendidikan karakter Pancasila, salah satunya yang dilakukan oleh UTM melalui model alternatif penguatan pendidikan karakter Pancasila dalam bentuk Pendalaman dan Praktik Kebangsaan (Petik). Maksud dan tujuan dilakukannya Petik ialah eningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang wawasan kebangsaan dan karakter Pancasila, menambah jaringan antar mahasiswa dan masyarakat dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan bangsa dan Pancasila. Metodenya dilakukan secara sederhana dengan melibatkan dosen pengaajr Pancasila dan Kewarganegaraan, dengan mahasiswa sebagai mentor (pendamping) dan mahasiswa baru sebagai peserta. Fokus utama pemberian 3 materi utama dan 3 tugas praktik kekinian.
Kata Kunci : Pendalaman, Praktik Kebangsaan, Pendidikan berkarakter
Full Text:
PDFReferences
Abdulkadir Muhamamad, 2004, Hukum dan Penelitian Hukum, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti. Helmy Boemiya dkk, 2020, Buku Pedoman Pendalaman dan Praktik Kebangsaan Universitas Trunojoyo Madura. Bangkalan : UTM Press. Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji, 2014, Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Peter Mahmud Marzuki, 2010. Penelitian Hukum, Cet. 6, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2010 Yudi Latif, 2011, Negara Paripurna Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama. Yudi Latif, 2015, Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, dalam buku Reaktualisasi Pancasila Menyoal Identitas, Globalisasi, dan Diskursus Negara-Bangsa, Yogyakarta, Penerbit Ombak. Devyanne Oktari dan Dinie Anggraeni Dewi, “Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada generasi Milenial”, dalam Jurnal PEKAN, Vol. 6 No 1 edisi April 2021. Ega Regiani & Dinie Anggraeni Dewi, Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat di era Globalisasi, dalam Jurnal Kewarganegaraan, Vol 5 No 1 Juni 2021. M. Rodinal Khair Khasri, “Pancasila dalam Praksis Sosial : Manusia Pancasila Menjawab Permaslaahan Masyarakat Digital”, dalam Jurnal Keindonesiaan, Vol 01, No. 01 April 2021 Bayu Dwi Anggono dan Emanuel Raja Damaitu, Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam pembangunan Nasional menuju Indoensia Emas. Dalam Jurnal Keindonesiaan, Vol. 01, No. 01, April 2021. Agus Sutono, “Akar Kefilsafatan Pendidikan Moral dan Pembentukan Karakter”, bahan materi disampaikan dalam kursus Pendidikan Karakter yang diadakan oleh Pusat Studi Pancasila UGM, pada tanggal 23 September 2021 Titi Savitri Prihatiningsih, Praktik Baik Pendidikan Karakter”, bahan materi disampaikan dalam kursus Pendidikan Karakter yang diadakan oleh Pusat Studi Pancasila UGM, pada tanggal 1 Oktober 2021 dalam zoom meeting. Arif Bintoro Johan, “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah dan Masyarakat”, bahan materi disampaikan dalam kursus Pendidikan Karakter yang diadakan oleh Pusat Studi Pancasila UGM, pada tanggal 2 Oktober 2021 dalam zoom meeting. Samsuri, “sejarah Pendidikan Moral dan Karakter Pancasila, bahan materi disampaikan dalam kursus Pendidikan Karakter yang diadakan oleh Pusat Studi Pancasila UGM, pada tanggal 24 September 2021 dalam zoom meeting. Modul Program Kemahasiswaan Pendalaman dan Praktik Kebangsaan (Petik) UTM Tahun 2021, hlm, 3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ektrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah Pada Terorisme Tahun 2020-2024. Peraturan Rektor UTM Nomor 354/UN46/2018 tentang Kurikulum Pendidikan Karakter Universitas Trunojoyo Madura. Peraturan Rektor Universitas Trunojoyo Madura Nomor 4/UN46/HK.01/2021 tentang Rencana Strategis Universitas Trunojoyo Madura Tahun 2020-2024.. http://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/berita-utama/844-pancasila-di-tengah-era-globalisasi, https://www.medcom.id/nasional/politik/aNrwMBVb-lima-penyebab-pudarnya-pancasila,
Article Metrics
Abstract views : 2937 | views : 4210Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.