Konsep Jejaring Klinik Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kemitraan dan Pengelolaan Keuangan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Swasta (Studi Lapangan di Klinik Jejaring Padjadjaran)

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i1.59488

Dinda Prima Asmara(1*), Muhardi Muhardi(2)

(1) Universitas Islam Bandung
(2) Magister Manajemen, Konsentrasi Rumah Sakit, Universitas Islam Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep Jejaring Klinik telah diterapkan oleh beberapa jejaring klinik termasuk Klinik Jejaring Padjadjaran dengan penerapan standarisasi layanan, penggunaan sistem informasi terintegrasi dan sistem rujukan berjenjang sebagai unsur utamanya. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan konsep awal dan pengembangan dari jejaring klinik, tahapan penerapannya, evaluasi dan pengawasannya serta kemitraan dan pemasaran yang diterapkan oleh Klinik Jejaring Padjadjaran dengan tujuan penguatan kualitas pelayanan kesehatan, kemitraan dan pengeloaan keuangan yang baik. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa pelaksanaan sistem jejaring klinik sudah sesuai dengan konsep pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional dan dapat memperkuat operasional setiap klinik dengan kuatnya standarisasi, kemitraan dan komitmen untuk berkembang bersama. Dalam masa disruptif saat ini sistem jejaring klinik dapat menyelamatkan kondisi klinik yang mengalami perubahan yang cukup drastis dengan semangat kebersamaan. Namun sistem ini dapat mengalami kegagalan jika tidak dibuat konsep standarisasi yang matang, analisis yang kurang akurat, serta ketidaksepahaman dalam manajerial klinik antara penyelenggara dan pihak kerjasama.

 

Kata kunci: jejaring klinik, kualitas pelayanan kesehatan, kemitraan, pengelolaan keuangan, klinik swasta.





DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i1.59488

Article Metrics

Abstract views : 2272 | views : 3567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.