Pasar Telekomunikasi Seluler dan Bantuan Kuota Internet pada Masa Pandemi Covid-19: Tinjauan Ekonomi Kebijakan
Asep Cahyana(1*)
(1) Magister Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Pandemi Covid-19 menggeser pembelajaran konvensional di ruang kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan internet (e-learning). Kondisi itu menciptakan kebutuhan yang tinggi terhadap jasa telekomunikasi khususnya layanan data internet, sementara masyarakat masih dihadapkan pada kesenjangan digital. Perbedaan kemampuan masyarakat dalam membuat permintaan terhadap jasa internet dan barang komplemennya turut dipengaruhi corak pasar telekomunikasi. Hasil analisis menunjukkan corak pasar telekomunikasi seluler yang terjadi selama pandemi Covid-19 cenderung persaingan monopolistik. Operator seluler tidak merespons permintaan tinggi dengan menaikkan tarif internet melainkan membuat berbagai paket layanan baru. Tarif data yang tergolong rendah dibanding negara lain tidak menjadikan semua masyarakat mampu membuat permintaan layanan data internet untuk menunjang kegiatan e-learning. Respons pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa kebijakan bantuan kuota data internet diharapkan dapat mengatasi kegagalan pasar itu. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian paket data kepada seluruh peserta didik, mahasiswa, guru, dan dosen merupakan kebijakan populis yang disambut baik masyarakat namun di sisi lain cenderung tidak memberikan manfaat bagi kelompok masyarakat yang paling lemah dan berpotensi besar disalahgunakan sehingga tujuan kebijakan cenderung tidak tercapai.
Kata kunci: Kebijakan; Bantuan kuota data internet; Pasar telekomunikasi seluler; Pandemi Covid-19.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.
Achjar, N., & Kholilulrohman, I. (2008). Persaingan Industri Telekomunikasi dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan: Sebuah Tinjauan Pustaka. Bisnis & Ekonomi Politik Quarterly Review of Indonesia Economy, 9(1), 29–40.
Annur, C. M. (2020). Operator Telekomunikasi Perpanjang Promo Gratis Kuota selama WFH. Katadata. https://katadata.co.id/ekarina/digital/5eba33a154fc5/operator-telekomunikasi-perpanjang-promo-gratis-kuota-selama-wfh
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arus Survey Indonesia. (2020). Temuan Survey Nasional Persespsi Publik Terhadap Program Bantuan Quota Internet Kemendikbud 2020. https://www.arussurvei.com/wp-content/uploads/2020/10/Final-Laporan-Surnas-Kuota-Internet-Arus-Survei-Indonesia_compressed.pdf
Baldwin, R., & Mauro, B. W. di. (2020). Economics in the Time of COVID-19. In R. Baldwin & B. W. di Mauro (Eds.), Economics in the Time of COVID-19. CEPR Press.
BPS. (2018). Statistik Telekomunikasi Indonesia Tahun 2018. https://www.bps.go.id/publication/2019/12/02/6799f23db22e9bdcf52c8e03/statistik-telekomunikasi-indonesia-2018.html
BPS. (2020a). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2020. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/05/05/1736/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2020-tumbuh-2-97-persen.html
BPS. (2020b). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II-2020. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html
Bramastia, & Purnama, E. K. (2021). Program Bantuan Kuota Belajar Kemendikbud Di Masa Pandemi. Jurnal EPISTEMA, 2(1), 11–22.
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491.
CNN Indonesia. (2020a). Kuota Internet Dari Nadiem Berselimut Masalah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200929203901-20-552447/kuota-internet-gratis-dari-nadiem-berselimut-masalah
CNN Indonesia. (2020b). Pengguna Internet Kala WFH Corona Meningkat 40 Persen di RI. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200408124947-213-491594/pengguna-internet-kala-wfh-corona-meningkat-40-persen-di-ri
Crawford, J., Butler-henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Magni, P. A., & Lam, S. (2020). COVID-19 : 20 countries ’ higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1).
Cresswell, J. W. (2019). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Damar, A. M. (2020). Cara Dapat Kuota Internet 30GB Gratis dari Indosat Ooredoo. Liputan6. https://www.liputan6.com/tekno/read/4207006/cara-dapat-kuota-internet-30gb-gratis-dari-indosat-ooredoo
Divisi Pendidikan Mata Garuda Institute. (2020). Hasil Survey Implementasi Kebijakan Bantuan Data Internet (pp. 1–22).
Feldmann, A., Gasser, O., Lichtblau, F., Pujol, E., Poese, I., Dietzel, C., Wagner, D., Wichtlhuber, M., Tapiador, J., Vallina-Rodriguez, N., Hohlfeld, O., & Smaragdakis, G. (2020). The Lockdown Effect: Implications of the COVID-19 Pandemic on Internet Traffic. Proceedings of the ACM SIGCOMM Internet Measurement Conference, IMC, 1–18.
Giguere, P., Adarn, L., Calovski, D., Dyburgh, H., & Esselaar, S. (2005). From the Digital Divide to Digital Opportunities: Measuring Infstates for Development (G. Sciadas (ed.)). Claude-Yves Charron. https://www.itu.int/ITU-D/ict/publications /dd/summary.html
Hadiyat, Y. D. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi). Jurnal Pekommas, 17(2), 81–90.
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 16.
Hartungi, R. (2006). Could developing countries take the benefit of globalisation ? International Journal of Social Economics, 33(11), 728–743.
Hasan, M. F., & Afifah, E. N. (2008). Kepemilikan Silang, Pola Tarif dan Persaingan Usaha pada Industri Telepon Seluler di Indonesia. Bisnis & Ekonomi Politik Quarterly Review of Indonesia Economy, 9(1), 9–28.
Heppy, V., Yuniarti, D., Dwiardi, A. R., Wardahnia, Gultom, A. D., Wahyuningsih, S., S., R. B., Tribroto, S., Pradono, W., & Siregar, R. (2018). Analisis Industri Telekomunikasi Indonesia Untuk Mendukung Efisiensi. Puslitbang Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://balitbangsdm.kominfo.go.id/publikasi_465_3_199
International Telecommunication Union. (2007). World Summit on the Information Society Report 2007. World Summit on the Information Society.
International Telecommunication Union. (2016). Measuring the Information Society Report 2016. https://www.itu.int/en/ITU-D/Statistics/Documents/publications/ misr2016/MISR2016-w4.pdf
Kapasia, N., Paul, P., Roy, A., Saha, J., Zaveri, A., Mallick, R., Barman, B., Das, P., & Chouhan, P. (2020). Impact of lockdown on learning status of undergraduate and postgraduate students during COVID-19 pandemic in West Bengal, India. Children and Youth Services Review, 116, 105194.
Kemendikbud. (2020a). Buku Saku Program Kuota Belajar Bagi Siswa, Guru, Mahasiswa dan Dosen. https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/Buku Saku FAQ Program Kuota Belajar.pdf
Kemendikbud. (2020b). Kuota Belajar. http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/
Kemendikbud. (2021a). Bantuan Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 Periode September-November 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/
Kemendikbud. (2021b). Buku Saku Bantuan Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 September - November 2021. https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/kuota 2021-tahap2- buku saku.pdf
Kementerian Keuangan. (2021). Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2020. https://e-ppid.kemenkeu.go.id/
Kementerian Kominfo. (2015). Menkominfo: 5 Tahun Lagi Hanya Ada 4 Operator Seluler. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/4717/Menkominfo% 3A+5+Tahun+Lagi+Hanya+Ada+4+Operator+Seluler/0/sorotan_media
Keniston, K. (2003). The Four Digital Divides. In K. Keniston & D. Kumar (Eds.), The Four Digital Divides (pp. 1–34). Sage Publisher.
Khor, M. (2005). Globalisasi dan Krisis Pembangunan Berkelanjutan (A. Widyanta & T. Kusumajati (eds.); 2th ed.). Cindelaras Pustaka Rakyat. https://www.researchgate.net/publication/340087513_Globalisasi_dan_Krisis_Pembangunan_Berkelanjutan_cetakan_ke-2
Khusaini, M. (2013). Ekonomi Mikro: Dasar-Dasar Teori. UB Press.
Maslan, A. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesenjangan Digital: Studi Kasus Barelang (Batam, Rempang dan Galang) Kepulauan Riau. CBIS Journal, 2(2), 1–9.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Edition 3 (3rd ed.). SAGE Publications Inc.
Modjo, M. I. (2008). Aspek Ekonomi dan Persaingan pada Industri Telekomunikasi Seluler. Bisnis & Ekonomi Politik Quarterly Review of Indonesia Economy, 9(1), 41–49. https://media.neliti.com/media/publications/45059-ID-persaingan-usaha-pada-industri-telekomunikasi-di-indonesia.pdf
Myles, G. D. (2002). Public Economics. Cambridge University Press.
Nistanto, R. K. (2020). Operator Seluler Gelar Program dan Kuota Khusus untuk Dukung PJJ. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2020/08/30/ 15080077/operator-seluler-gelar-program-dan-kuota-khusus-untuk-dukung-pjj-?page=all
Nugraha, D. C. A., Priharsari, D., Aknuranda, I., Liliana, D. Y., Fiaji, N. A., Hanggara, B. T., Putra, M. G. L., Hendini, I. P., Rahayuda, I. G. S., & Zulvarina, P. (2021). Bantuan Kuota Internet Untuk Pendidikan Dari Pemerintah Indonesia: Sejauh Apa Manfaatnya? Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 1(2), 70–80.
OECD. (2001). Understanding the Digital Divide. OECD. https://www.oecd.org/digital/ieconomy/1888451.pdf
OECD. (2020). Education Responses to Covid-19: Embracing Digital Learning and Online Collaboration. https://www.oecd.org/coronavirus/policy-responses/ education-responses-to-covid-19-embracing-digital-learning-and-online-collaboration-d75eb0e8/
Purwadi, A. (2005). Regulasi Industri Telekomunikasi Nasional Dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha. Perspektif, 10(1), 1–14.
Reksoprajitno, S. (1993). Pengantar Ekonomi Mikro Perilaku Harga Pasar. Penerbit Gunadarma.
Retnandari, N. D. (2015). Pengantar Ilmu Ekonomi Dalam Kebijakan Publik (M. S. Latief (ed.); Kedua). Pustaka Pelajar.
Riana, F. (2020). FSGI Nilai Program Bantuan Kuota Kemendikbud Banyak Kekurangannya. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/1399284/fsgi-nilai-program-bantuan-kuota-kemendikbud-banyak-kekurangannya/full&view=ok
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768
Rossberg, A., & Knell, R. (2020). How will this continue? Modelling interactions between the COVID-19 pandemic and policy responses. 1–11. https://doi.org/10.1101/2020.03.30.20047597
Samuelson, P. A., & Nordhaus, W. D. (2010). Economics 19e (19th ed.). McGraw-Hill Irwin.
Satgas Covid-19. (2021). Data Sebaran. https://covid19.go.id/
Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta MEdika Indonesiana, 52(1), 84–89. actamedindones.org/index.php/ijim/article/view/1426/pdf
Sidik, S. (2020). Perusahaan Telekomunikasi Paling Cuan Saat Pandemi Covid-19. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20200611154403-17-164699/perusahaan-telekomunikasi-paling-cuan-saat-pandemi-covid-19
Sugiyono, A. (2002). Persaingan di Industri Telekomunikasi. https://www.researchgate.net/publication/264783896_Persaingan_di_Industri_Telekomunikasi?channel=doi&linkId=53ef3a920cf23733e812d127&showFulltext=true
Suryahadi, A., Izzati, R. A., & Suyadarma, D. (2020). Estimating the Impact of Covid-19 on Poverty in Indonesia. Journal Bulletin of Indonesian Economic Studies, 52(2).
Suryana, W. (2020a). Kominfo Sosialisasi Sumber Daya Terbatas Bernama Frekuensi. Republika. https://republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/08/26/pe2buc399-kominfo-sosialisasi-sumber-daya-terbatas-bernama-frekuensi
Suryana, W. (2020b). Selama Covid-19, Penggunaan Internet di Rumah Meningkat Pesat. Republika. https://republika.co.id/berita/qdim8u6217000/selama-covid19-penggunaan-internet-di-rumah-meningkat-pesat
Suwignyo, A., & Purwanto, E. A. (2020). COVID-19 dan Transformasi Paradigmatik Pendidikan Tinggi. In W. Mas’udi & P. W. Winanti (Eds.), Tata Kelola Penanganan Covid-19 di Indonesia: Kajian Awal (Pertama, pp. 107–124). Gadjah Mada University Press.
Tefficient. (2020). Industry Analysis #3 2020 (Issue September). https://tefficient.com/wp-content/uploads/2020/09/tefficient-industry-analysis-3-2020-mobile-data-usage-and-revenue-1H-2020-per-operator.pdf
Tyas, D. L., Budiyanto, A. D., & Santoso, A. J. (2016). Pengukuran Kesenjangan Digital Masyarakat di Kota Pekalongan. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (Sentika 2016), 18-19 Maret 2016, 590–598.
UNESCO. (2020). Global Monitoring of School Closures by Covid-19. http://covid19.uis.unesco.org/global-monitoring-school-closures-covid19/
Windasari, I. P., & Surendro, K. (2011). Pengukuran Kesenjangan Digital di Institusi Pemerintah Daerah (Studi Kasus : Pemerintah Kota Semarang). Jurnal Sistem Komputer, 1(2), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/JSK.V1I2.11
World Bank. (2020). Guidance Note : Remote Learning & COVID-19. https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/33585?show=full
World Health Organization. (2021). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. https://covid19.who.int/
Wulansari, N. E., Rismayani, R., & Pramudiana, Y. (2015). Study on structure and performance of telecommunication services industry in Indonesia. CTTE 2015 - 2015 Conference of Telecommunication, Media and Internet Techno-Economics, Proceedings.
Yin, R. K. (2012). Applications of Case Study Research (S. Robinson (ed.); 2nd ed.). Sage Publications.
Zhang, Q., Deng, H., & Zhang, C. (2020). The Effect of Early Response During COVID-2019 Outbreak: A Quasi Experiment. SSRN Electronic Journal.
Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13(3), 55.
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and Long-Term Visions. Postdigital Science and Education. 2020 Apr 26, 1–5
DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i2.70258
Article Metrics
Abstract views : 1732 | views : 2938Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
Jurnal ini diterbitkan oleh:
Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada
69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Dengan dukungan dari:
Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia