Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Escete terhadap Kepuasan Anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i2.70407

Viktor Amos(1*), Hendrikus Kadang(2)

(1) Departemen Magister Sains Manajemen, Universitas Hasanuddin, Makassar
(2) Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Atma Jaya, Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi internet telah masuk ke berbagai penjuru atau bidang kehidupan manusia di abad ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi keuangan antara lain adalah kemudahan dalam melakukan transfer uang non-tunai, cek saldo dan mutasi rekening, membayar tagihan bulanan, isi ulang pulsa eletrik, pembayaran e-commerce, informasi kartu kredit/credit card, melihat informasi kurs, dan bisa mengetahui program lembaga keuangan. Karena itu, kualitas dari sebuah layanan cukup menentukan kepuasan konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu e-banking itu adalah aplikasi Escete. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas layanan aplikasi Escete terhadap kepuasan anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 orang. Metode analisis yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS for Windows versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan aplikasi Escete yang meliputi ease of use, e-scape, customization, responsiveness, assurance mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Aplikasi Escete


Full Text:

PDF


References

Credit Union Mekar Kasih. (2019). Laporan Pra Rapat Anggota Tahunan [Unpublished manuscript], Makassar

Friedman, B., Khan Jr, P. H., Howe, & Daniel C. (2000). Trust Online. Commucations of the ACM: Journal, 43 (12): 34-40.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E. (2013). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited

Lohse, G. L., Spiller, P. (1998). Electronic Shopping. Commucations of the ACM: Journal, 41 (7): 81-87.

Lupiyoadi, R., (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Salemba Empat

Oge, L. (2020). Credit Union Mekar Kasih. [Unpublished manuscript]: Digitalisasi Credit Union, Makassar

Ribbink, D., van Riel, A.C.R., Liljander, V., & Streukens, S. (2004). Comfort Your Online Customer: quality, trust, and loyalty on the internet. Managing Service Quality: An International Journal, 14 (6): 446-456.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i2.70407

Article Metrics

Abstract views : 1136 | views : 1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.