Rancangan Desain Digital Platform sebagai Upaya Pengurangan Kebakaran Hutan dan Pengelolaan Hasil Hutan di Indonesia

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i2.71214

Khalimatus Sa'diyah(1*)

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Berbagai sumber daya alam tersedia di hutan Indonesia. akan tetapi, permasalahan terkait hutan di negara ini semakin meningkat mulai dari kebakaran hutan, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Berbagai permasalahan di atas disebabkan ulah manusia yang rakus dan sembarangan dalam mengambil sumber daya alam di kawasan hutan yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah solusi dan inovasi guna mengurangi resiko kebakaran hutan dan mengelola hasil hutan melalui rancangan desain digital platform. Metode penelitian yang digunakan menggunakan data sekunder yang relevan kemudia dianalisis dengan teknik analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil dari penelitian ini adalah inovasi berbasis desain digital platform menjadi sebuah wadah yang dirancang secara spesifik melalui tiga spesifikasi yaitu pengawasan hasil hutan, ayo investasi serta edukasi alam dan pemberdayaan masyarakat. Rancangan platform ini mendukung Sustainable Development Goals poin kelima belas yaitu menjaga ekosistem darat terutama di masa pandemi Covid-19. Kelebihan yang dimiliki oleh desain platform ini adalah sinergi antara pemerintah, masyarakat serta lembaga swadaya masyarakat bidang lingkungan. Sehingga diharapkan desain digital platform ini mampu menjadi solusi inovatif atas permasalahan lingkungan utamanya di hutan Indonesia.

Kata kunci: Digital platform; Hutan ; Solusi; Sustainable Development Goals




References

Fajri, M. N. (2016). Penindakan Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan dengan Pendekatan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Integritas, 2(1) 43–67.

Ilham, Q. P., Purnomo, H., & Nugroho, T. (2019). Model of multi-stakeholder forest management: A system study of Protected Forest Management Unit in Solok, Indonesia. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 285(1), 012009

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2020). Deforestasi Indonesia Turun, Terendah dalam Sejarah. https://www.menlhk.go.id/site/ single_post/3640/deforestasi-indonesia-turun- terendah-dalam-sejarah.

Mirzaqon, A. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1), 1–8.

Nisa, A. N. (2020). Penegakan Hukum Terhadap Permasalahan Lingkungan Hidup Untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Bina Mulia Hukum 4(2):294 4(1).

Purnomo, E. P., Ramdani, R., Salsabila, L., & Choi, J. W. (2020). Challenges of community-based forest management with local institutional differences between South Korea and Indonesia. Development in Practice, 30(8), 1082–1093.

Ramadhani, N. (2020). Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan. https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi/

SDG Indonesia. (2020). Sustainable Development Goals. https://www.sdg2030indonesia.org/page/23-tujuan-limabelas.

Steffany V. (2020). Overview Perbandingan Jumlah User Fintech dengan Jumlah Pengguna Internet di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi, 1(1), 134–141.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Wandira, Y. A., Kaskoyo, H., Febryano, I. G., & Yuwono, S. B. (2020). Implementasi Kemitraan Kehutanan Di Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Way Terusan. Jurnal Hutan Tropis, 8(3), 244.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i2.71214

Article Metrics

Abstract views : 718 | views : 734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.