Sistematik Review: Kondisi Pendidikan di Indonesia Selama Masa Pandemi COVID-19

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i2.71325

Wildan Nugraha(1*)

(1) Magister Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta,
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas pendidikan menjadi perhatian penting di setiap negara di dunia termasuk Indonesia, maka dari itu Perserikatan Bangsa Bangsa membuat sebuah program dengan nama Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai bentuk pembangungan berkelanjutan dari program sebelumnya bernama Millenium Development Goals (MDGs). Tetapi prosesi pendidikan saat ini sedang dilanda kedaruratan karena munculnya sebuah isu yang melanda seluruh dunia yaitu pandemi Covid-19. Fenomena ini menyerang semua aspek yang ada seperti kesehatan, pendidikan, sosial, budaya, dan ketahanan pangan. Penulis menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan beberapa artikel untuk bisa membantu mengumpulkan hipotesis dan hasil penelitian yang termuat dalam beberapa artikel yaitu dengan menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Tujuan penelitian ini adalah diharapkan dapat memunculkan research problem untuk bisa dievaluasi lebih lanjut. Melihat dari perkembangan pendidikan saat pandemi ini mengalami dampak yang cukup berpengaruh seperti halnya proses pembelajaran yang dilakukan tidak secara langsung yaitu pembelajaran secara daring. Penulis menyimpukan bahwa pendidikan di Indonesia selama pandemi ini akan selalu ada dampak positif dan negatif terutama di bidang pendidikan. Hal positif yang bisa diambil adalah masyarakat Indonesia menjadi selalu update terhadap teknologi dan ikut serta dalam perkembangan teknologi, sedangkan hal negatif yang mungkin muncul salah satunya adalah akan memakan banyak biaya kuota dalam penggunaan teknologi pembelajaran secara daring.

Kata Kunci: Covid-19; Pendidikan; Studi Literatur; Sustainable Development Goals




References

Annur, S., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018, Maret). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan [Paper Presentation]. dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika "MOTOGPE" 2018, Banjarmasin, (pp. 251-255). Lambung Mangkurat University Press

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99.

Assingkily, M. S., & Miswar. (2020). Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19). Jurnal Tazkiya, 3(2017), 54–67.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167.

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 ( Refleksi Sosiologis ). Education and Learning Journal, 1(2), 102–112.

Pribadi, R. E. (2017). Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Papua. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 5(3), 917–932.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 49–56.

Santoso, W. M. (2011). Internet Masuk Desa, Rekam Jejak Pendirian Telecenter di Indonesia. Semantik, 1(1).

Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80.

Sudagung, A. D., Putri, V., Evan, J., Sasiva, I., & Olifiani, L. P. (2019). Upaya Indonesia Mencapai Target Sustainable Development Goals Bidang Pendidikan di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat (2014-2019). Jurnal Polinter: Kajian Politik Dan Hubungan Internasional, 5(1). 1-27

Tan, W. (2020). Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Jalanan di Kota Batam: Tantangan Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs). Supremasi Hukum: Jurnal Penelitian Hukum, 29(1), 46–59



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v1i2.71325

Article Metrics

Abstract views : 3444 | views : 5467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

Jurnal ini diterbitkan oleh:

Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada

69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Dengan dukungan dari:

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia