Hasrat Pengarang dalam Novel Gentayangan Karya Intan Paramaditha: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan

https://doi.org/10.22146/poetika.v8i1.56469

Laras Puspa Arum(1*), Pujiharto Pujiharto(2)

(1) Magister Ilmu Sastra Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Novel Gentayangan merupakan novel karya Intan Paramaditha yang menggambarkan kehidupan warga negara ketiga yang bepergian dan hidup di negara pertama. Intan Paramaditha merupakan seorang warga negara ketiga yang telah lebih dari satu dekade hidup berpindah tempat dari satu kota dan negara. Makalah ini meneliti tentang hasrat Intan Paramaditha yang termanifestasikan dalam novel Gentayangan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, digunakan teori dan metode psikoanalisis Lacan. Psikoanalisis Lacan membahas hasrat manusia yang diungkapkan melalui bahasa atau penanda melalui mekanisme metafora dan metonimia. Hasil penelitian membuktikan bahwa novel Gentayangan adalah manifestasi hasrat dan kekurangan Intan sebagai pengarang melalui hasrat untuk menjadi (narsistik) dan hasrat untuk memiliki (anaklitik) demi mencapai keutuhan diri. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa sebagai subjek berhasrat dan berkekurangan, Intan melakukan perlawanan terhadap Yang Simbolik (hukum) melalui novel Gentayangan, dengan demikian dalam teori psikoanalisis Lacan, Intan Paramaditha adalah subjek maskulin yang mengalami pengebirian oleh adanya hukum atas nama ayah (ayah simbolik).

Keywords


Hasrat pengarang, hasrat menjadi, hasrat memiliki, Intan Paramaditha

Full Text:

PDF


References

Bracher, M. 2009. Jacques Lacan, Diskursus, dan Perubahan Sosial: Pengantar Kritik Budaya Psikoanalisis. Yogyakarta: Jalasutra. Faiq, M. H. 2017. "Kadang Perlu Ditampar". Dalam Kompas, 24 Desember 2017. Jakarta. Faruk. 2017. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hiasa, Fina. 2016. "Desire for the Real in Novel Akar by Dee (Kerinduan pada yang Riil dalam Novel Akar Karya Dee)". Dalam Poetika, No. 2, Vol. IV, Desember, Hal. 66. Kolenc, Bara. 2017. "The Paradodoxes of The Limping Cause in Kierkegaard, Hegel and Lacan". Dalam Journal of the Circle for Lacanian Ideology, No. 1, Vol. XI, Hal. 90–108. Lukman, Lisa. 2011. Proses Pembentukan Subjek Antropologi Filosofis Jacques Lacan. Yogyakarta: Kanisius. Paramaditha, Intan. 2017. About. Diakses pada 15 Januari 2019, dari Intanparamaditha.org website: http://intanparamaditha.org/about/ Paramaditha, Intan. 2017. Gentayangan Pilih Sendiri Petualangan Sepatu Merahmu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Rengganis, Ririe. 2015. "Bahasa sebagai Pembentuk Subjek pada “4in1 Djenar” Karya Djenar Maesa Ayu: Kajian Psikoanalisis Lacanian". Disertasi Program Studi Sastra. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Manik, Ricky A. 2016. "Hasrat Nano Riantiarno dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian". Dalam Poetika, No. 2, Vol. IV, Desember, Hal. 74–84. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Watson, Cate. 2013. "Identification and desire : Lacan and Althusser versus Deleuze and Guattari ? A short note with an intercession from Slavoj Žižek". Dalam International Journal of Zizek Studies. United Kingdom. No. 2, Vol. VII, Hal. 1–16.



DOI: https://doi.org/10.22146/poetika.v8i1.56469

Article Metrics

Abstract views : 6494 | views : 7044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal POETIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2503-4642 (online) | 2338-5383 (print)
Copyright © Poetika: Jurnal Ilmu Sastra under the terms of a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

free web stats View My Stats