KEBIJAKSANAAN KEPENDUDUKAN: TEORI, KONSEP, DAN PENERAPANNYA DI INDONESIA

https://doi.org/10.22146/jp.10782

Tadjuddin Noer Effendi(1*)

(1) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author

Abstract


This paper discusses the theoritical, conceptual background of population policy in Indonesia. In particular, it discusses the theory that related to the population control especially the fertility and mortality. It also suggests that fertility can be reduced by implementing family planningprogram and to reduce infant mortality. The populationproblems notonly government care,but also public responsibility in order to save the environment for the next generation.

Keywords


kebijakan, kependudukan, teori kebijakan, konsep kependudukan

Full Text:

PDF


References

Buchari, Lapau. 1984. "Masalah penggunaan pelayanan kesehatan, tantangan dalam rangka penurunan kematian bayi dan anak", dalam Budi Utomo, et al., eds., Strategi penelitian dan strategi program untuk

intensifikasi penurunan mortalitas bayi dan anak di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia, Ford Foundation dan UNICEF, hal 188-201.

Brown, Lester R. t.t. Kembali di simpang jalan: masalah kependudukan dengan sumber daya alam.Jakarta: Rajawati.

Effendi, Sofian dan Riaz Hasan. 1986. Politik perencanaan kependudukan Indonesia, Singapura, dan Pakistan. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan, Universitas Gadjah Mada.

Ehrlich, Paul R. 1981. Ledakan penduduk. Jakarta: Gramedia.

Fawcett, James- T. 1984. Psikologi kependudukan. Jakarta: Rajawali.

Lucas, David, et al. 1982. Pengantar kependudukan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Martodipuro, Subagyo. 1986. "Alternatif strategi penurunan angka kematian bayi", paper disampaikan pada Seminar Strategi Penurunan Angka Kematian Bayi, Surabaya, 3 Mei 1986. Surabaya: Ikatan Ahti Kesehatan Masyarakat Indonesia dan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Mosley, W. Henry. 1984. "Masalah penggunaan pelayanan kesehatan, tantangan dalam rangka penurunan kematian bayi dan anak", dalam

Budi Utomo, et al., eds., Strategi penelitian dan strategi program untuk intensifikasi penurunan mortalitas bayi dan anak di Indonesia. Jakarta: Universitas.

Indonesia, Ford Foundation dan UNICEF, hal 165-187.

Panjaitan, Sahala. 1984. "Kebijaksanaan dan pelaksanaan program pelayanan terpadu kesehatan keluarga berencana", dalam Budi Utomo, et al., eds., Strategi penelitian dan strategi program untuk intensifikasi penurunan mortalitas bayi dan anak di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia, Ford Foundation dan UNICEF.hal 165-187.

Singarimbun, Masri. 1986. Perubaban perilaku fertilitas di Sriharjo. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan, Universitas Gadjah Mada.

Singarimbun, Masri. 1987. "Hubungan keluarga berencana dan fertilitas: aspek-aspek sosial budaya dan program", paper disampaikan pada Lokakarya Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup,Yogyakarta, 16 Februari- 7 Maret. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan, Universitas Gadjah Mada.

Ward, Barbara dan Rene Dubos. 1974. Hanya satu bumi. Jakarta: Gramedia



DOI: https://doi.org/10.22146/jp.10782

Article Metrics

Abstract views : 33450 | views : 26027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Populasi




Copyright of Jurnal Populasi ISSN 0853-6202 (PRINT), ISSN: 2476-941X (ONLINE).


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Populasi Indexed by:

  ROAD  

web
analytics View My Stats