URBAN REGENERATION AND THE ROLE OF CULTURE: AN INTRODUCTION TO CULTURAL QUARTER
Amelia Maika(1*)
(1) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author
Abstract
Konsep creative city merupakan salah satu cara untuk memenangkan kompetisi antar kota pada era globalisasi ini. Adalah penting bagi kota untuk mengubah imagenya menjadi sesuatu yang baru atau lebih baik, karena proses tersebut akan mendorong terjadinya peningkatan investasi bagi sebuah daerah atau kota itu sendiri. Perencanaan perkotaan membutuhkan strategi yang tepat untuk melakukan proses regenerasi kawasan perkotaan tersebut, salah satunya cultural quarter yang mengubah suatu kawasan yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi suatu daerah baru yang kaya akan potensi kultural dan ekonomis melalui proses komodifikasi. Beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam pengembangan kawasan cultural quarter ini diantaranya adalah faktor faktor pendukung termasuk area yang membutuhkan proses regenerasi (seperti daerah peninggalan historis atau peninggalan industri), cultural infrastructure, proses perencanaan yang tepat, networking, katalisator, dan morfologi.
The art of townscape is the conscious arrangement of physical things for man’s convenience, safety and pleasure (Charles Elio).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bianchini, F and H. Schwengel. 1991. “Re-imagining the city”, in the J. Corner, and S. Harvey (eds.), Enterprise and Heritage: Crosscurrents of National Culture. London: Routledge.
Butler, Edgar W. 1976. Urban Sociology: a System Approach. New York: Harper and Row Publisher.
Campbell, Scot and Susan Fainstein (eds.). 1996. Readings in Planning Theory. Oxford: Blackwell.
Castells, Manuel. 1997. The Power of Identity. Oxford: Blackwell. Collins, Randall (eds.) 1983. Sociological Theory. California: Jessery Brass Publisher.
Corijn, Eric and Tj. Hans Mommaas. 1995. Urban Cultural Policy Developments in Europe: a Background Report. Strasbourg; Council of Europe.
Craib, Ian. 1992. Modern Social Theory: from Parsons to Habermas. New York: Harvester Wheatsheaf.
Dumazedier, Joffre. 1974. Sociology of Leisure. Amsterdam: Elsevier Scientific Publishing Company.
Featherstone, Mike. 1991. Consumer Culture and Postmodernism. London: Sage Publication.
Geyer, R. Felix. 1980. Alienation Theories: a General System Approach. Oxford: Pergamon Press.
DOI: https://doi.org/10.22146/jp.11829
Article Metrics
Abstract views : 4116 | views : 3381Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Populasi
Copyright of Jurnal Populasi ISSN 0853-6202 (PRINT), ISSN: 2476-941X (ONLINE).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.