Pelatihan Apresiasi Karya Sastra Jawa bagi Siswa SD Negeri Suryowijayan Yogyakarta

  • Imam Prakoso Program Studi Bahasa, Sastra, & Budaya Jawa, Universitas Gadjah Mada
  • Daru Winarti Program Studi Bahasa, Sastra, & Budaya Jawa, Universitas Gadjah Mada
  • Sulistyowati Sulistyowati Program Studi Bahasa, Sastra, & Budaya Jawa, Universitas Gadjah Mada
Keywords: Workshop, appreciation, literature work, geguritan, Suryowijayan Elementary School, apresiasi, karya sastra, pelatihan, SD Negeri Suryowijayan

Abstract

It seems that geguritan still being one of the learning objects which rarely receive attention in school. This is because geguritan is stigmatized as a literature work that is difficult to understand because of its language, hence only certain people are able to appreciate it. Based on this problem, the Javanese Literature Program of UGM community service team attempted to reintroduce geguritan through literature appreciation activities to the students of Suryowijayan Elementary School. This program aims to remind them of the Javanese cultural identity which is implemented in geguritan and improve their social awareness. There were several activities including an introduction to the basic concept of geguritan, geguritan reading practice, geguritan writing practice about students’ hobbies and daily activities, and creating a wall magazine from their geguritan. At the end of the program, students read their geguritan which later turned into a compilation video as the outcome of this program.

===

Kiranya apresiasi karya sastra geguritan masih menjadi bentuk pendidikan yang belum mendapatkan perhatian di lingkungan sekolah. Hal ini karena masih adanya anggapan terhadap geguritan sebagai sebuah karya sastra yang sukar dipahami karena bahasanya sehingga hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu. Berangkat dari stigma tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat dari Program Studi Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa UGM berupaya untuk mengenalkan kembali geguritan melalui kegiatan apresiasi karya sastra yang dilakukan terhadap siswa SD Negeri Suryowijayan. Kegiatan ini bertujuan mengingatkan kembali identitas budaya Jawa yang terwujud dalam geguritan serta meningkatkan kepedulian sosial akan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan ini terdiri atas beberapa tahap, yaitu pengenalan konsep dasar geguritan, latihan membaca geguritan, latihan menulis geguritan tentang hobi serta keseharian siswa, dan pembuatan karya mading dari geguritan. Pada akhirnya, karya mading tersebut dibaca oleh siswa dan divisualisasikan menjadi sebuah video kompilasi sebagai bentuk luaran program pengabdian.

References

Bohlin, K. E. (2005). Teaching Character Education Through Literature: Awakening the Moral Imagination in Secondary Classrooms. RoutledgeFalmer.
http://site.ebrary.com/id/10163217
Suryaman, M. (2010). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Sastra. Jurnal Cakrawala
Pendidikan, 1(3).
Suwondo, T. (2001). Ihwal Pengajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2023-10-26
How to Cite
Prakoso, I., Winarti, D., & Sulistyowati, S. (2023). Pelatihan Apresiasi Karya Sastra Jawa bagi Siswa SD Negeri Suryowijayan Yogyakarta. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 96-111. https://doi.org/10.22146/bakti.6278
Section
Articles