ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESENJANGAN PELAYANAN BAGI PASIEN BPJS KESEHATAN DAN PASIEN UMUM: TINJAUAN SISTEMATIS TERHADAP PRAKTIK KLINIK DI INDONESIA
Analyze of Factors Improving Service for BPJS Patients and General Patients: Systematic Review of Clinical Practices in Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesenjangan pelayanan kesehatan antara pasien BPJS Kesehatan dan pasien umum di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya isu ketidakmerataan pelayanan di fasilitas kesehatan, dimana pasien BPJS Kesehatan sering kali mendapatkan pelayanan yang kurang optimal dibandingkan dengan pasien umum. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan sistematis (Systematic Review) dengan pendekatan PRISMA untuk menyaring dan menganalisis literatur terkait dari berbagai studi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor utama yang berkontribusi terhadap kesenjangan ini, termasuk prosedur administratif yang rumit, insentif finansial bagi tenaga medis yang cenderung lebih rendah untuk pasien BPJS, keterbatasan fasilitas kesehatan, sikap dan persepsi negatif dari tenaga medis terhadap pasien BPJS dan regulasi kebijakan BPJS yang rumit. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya perbaikan dalam sistem regulasi BPJS, peningkatan insentif bagi tenaga medis, serta upaya peningkatan kesadaran dan pendidikan bagi tenaga medis untuk memastikan kesetaraan pelayanan kesehatan bagi semua pasien. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan yang lebih adil dan efektif dalam pelayanan kesehatan di Indonesia.
References
Abidin. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI, 12(2), 70-75.
Pramana, C. W. P. (2022). Perspektif masyarakat pengguna BPJS kesehatan mengenai kebijakan kelas rawat inap standar (KRIS). Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 3(1), 30–41. https://doi.org/10.53756/jjkn.v3i1.98
Solechan. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai pelayanan publik. Administrative Law & Governance Journal, 2(4), 686-696.
Tumiwa, F. F., & Musak, R. A. (2024). Analisis faktor mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Rawat Jalan RSU GMIM Bethesda Tomohon. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 168-180. https://doi.org/ISSN2623-1581
Azwar, H. (2019). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik (Studi kasus BPJS Kesehatan di Kawasan Industri Cikarang). Sosio E-Kons, 11(3), 259-267. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v11i3.3629
Utari, Y. N., Purnomo, E. P., & Agustiyara. (2021). Analisis pelayanan kesehatan pasien yang menggunakan BPJS dan pelayanan kesehatan pasien yang tidak menggunakan BPJS di RSUD Yogyakarta. Journal of Community Engagement and Employment, 3(2), 121-130.
Amirullah, A. N., Yuliani, & Nurhidayat. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan BPJS kesehatan di RS Hikmah Makassar. Miracle Journal of Public Health, 4(2), 232-238. https://doi.org/10.36566/mjph/Vol4.Iss2/253
Kardina, M., Putera, R. E., & Kusdarini. (2022). Kualitas pelayanan BPJS kesehatan di RSUD M. Zein Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 2(2), 9-16.
Rafliadi, Hattab, S., & Salingkat, S. P. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS dan pasien umum Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah. Journal of Publicness Studies, 1(2), 56-64. https://jurnal.fisip.untad.ac.id/
Anathasia, S. E., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. Klinik: Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), 145-151. ISSN: 2809-235X. http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/klinik
Copyright (c) 2025 Alexsius Felix Mangero, dr Andrew Suprayogi, Sp, PD, dr Azizah Boenjamin, M.P.H

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.