Peran e-skills pada Pustakawan milenial di era teknologi industri 4.0
Abstract
Setiap kemajuan teknologi informasi dan komunikasi selalu ada kesenjangan antara mereka yang siap mengadopsi dan mengaplikasikannya dan mereka yang tidak bisa beralih dari kebiasaan lama. Munculnya stigma bahwa adanya sebuah kesenjangan antara pengguna akses internet serta teknologi, merupakan sebuah konsep kesenjangan digital dimana hal tersebut menjadi fenomena sosial baru. Melihat semakin bertambah cakupan penggunaan internet terus menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, mendorong pustakawan sebagai evolusi sumber daya manusia di perpustakaan berkembang. Seiring dengan meningkatnya pendidikan tinggi yang terlibat dalam pembelajaran berbasis internet, perpustakaan perlu menjaga, mempertahankan dan bahkan meningkatkan kegiatan digital literacy melalui e-skill yang dimiliki. Adanya pustakawan milenial diharapkan mampu mengimbangi user generasi Z, Penelitian ini menggali bagaimanakah kompetensi pustakawan milenial dalam menerapkan e-skill untuk merubah perpustakaan menjadi lebih dekat dan menguasai teknologi pada industry 4.0.
This journal applies the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, with the copyright on the published articles retained by the respective authors without restrictions. It means that the authors may distribute the articles in their personal and institutional repositories while providing bibliographic details that credit this journal. This journal is granted a non-exclusive license to publish the articles as the original publisher, along with the commercial right to publish printed issues for sale publicly.
By publishing with this journal, authors grant any third party the lawful right to use their published article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.
Subsequently, people are permitted to share, distribute, remix, adapt, and build upon the published articles, even for commercial purposes, so long as they provide appropriate credit or attribution (Title, Author, Source, and License of the work), include a link to the license, indicate if any changes were made, and redistribute the derivative outputs under the same license (CC BY-SA 4.0).
