Implementasi Crowdsourcing di Perpustakaan dalam Pembuatan Produk Kemas Ulang Informasi
Abstract
Crowdsourcing merupakan tren terbaru dalam perpustakaan. crowdsourcing merupakan konsep yang berkaitan dengan partisipasi masyarakat tanpa melihat latar belakang dan agama untuk menyelesaikan suatu proyek atau kegiatan dengan tujuan tertentu. Di Indonesia sudah banyak yang menggunakan konsep crowdsourcing terutama komunitas dalam menggalang donasi untuk mencapai tujuan tertentu. Konsep crowdsourcing dapat digunakan oleh perusahaan, institusi maupun komunitas. Perpustakaan umum merupakan Lembaga nirlaba yang dapat menggunakan konsep crowdsourcing untuk menyelesaikan sebuah proyek atau kegiatan perpustakaan untuk mencapai tujuan tertentu. Tulisan ini akan membahas bagaimana konsep crowdsourcing dapat diimplementasikan di perpustakaan khususnya dalam pembuatan produk kemas ulang informasi. Sebagaimana perpustakaan diketahui sebagai Lembaga yang memberikan layanan kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna. Oleh karena itu untuk menarik pengguna maka perpustakaan berinovasi pada layanan perpustakaan salah satunya yaitu membuat produk kemas ulang informasi berupa video animasi dan komik sebagai media pembelajaran. Kegiatan tersebut perpustakaan menggunakan konsep crowdsourcing untuk mendapatkan desain maskot kartun dan pembuatan komik.
Copyright (c) 2022 Vivi Aprillia Susianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Articles published in Media Informasi are licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 4.0 Internasional.. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and Media Informasi.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Media Informasi to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.