Kompetensi Digital Pustakawan dalam Penyelenggaraan Fungsi Layanan Perpustakaan pada Masa New Normal

  • Annisa Rahmadanita Pustakawan Institut Pemerintahan Dalam Negeri Sumedang, Jawa Barat
Keywords: Kompetensi Digital, Kompetensi Pustakawan, Layanan Perpustakaan, New Normal, Perpustakaan Perguruan Tinggi

Abstract

Tantangan pada masa New Normal menuntut pustakawan untuk inovatif dan adaptif dalam penyelenggaraan fungsi layanan perpustakaan perguruan tinggi. Oleh sebab itu dibutuhkan kompetensi digital dalam rangka mewujudkan fungsi layanan sesuai dengan kebutuhan pemustaka tersebut. Penelitian ini merupakan deksirptif kualitatif. Peneliti melakukan wawancara kepada 10 orang informan yang bekerja pada bidang layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan e-resources dan layanan katalog Laporan Akhir dan Skripsi. Analisis data dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan keterampilan teknis pustakawan terutama dalam penelusuran sumber informasi koleksi buku elektronik dan jurnal elektronik. Terdapat temuan menarik lainnya, bahwa dibutuhkan pustakawan yang memiliki kompetensi digital dalam melakukan pengolahan dan analisis data kepustakawanan dalam rangka mendukung penyelenggaraan fungsi layanan Perpustakaan IPDN pada masa New Normal. Kesimpulan penelitian ini adalah kompetensi digital pustakawan pada Perpustakaan IPDN  dalam penyelenggaraan fungsi layanan perpustakaan pada masa New Normal termasuk dalam kategori cukup baik. Peneliti merekomendasikan agar Pustakawan IPDN dapat meningkatkan keterampilan teknis dan menumbuhkan motivasi dalam meningkatkan budaya digital melalui keikutsertaan pustakawan dalam kegiatan Focus Group Discussion, Workshop dan Pendidikan serta Pelatihan. Di samping itu peneliti menyarankan agar Pustakawan IPDN dapat meningkatkan kompetensi digital melalui motivasi jenjang karir pustakawan. 

Published
2022-12-12
How to Cite
Rahmadanita, A. (2022). Kompetensi Digital Pustakawan dalam Penyelenggaraan Fungsi Layanan Perpustakaan pada Masa New Normal. Media Informasi, 31(2), 223-236. https://doi.org/10.22146/mi.v31i2.6290