Pengalaman Pengguna dalam Memanfaatkan Learning Space Perpustakaan
Abstract
Desain ruang dan perabot perpustakaan yang masih terkesan formal dan kaku dapat mengakibatkan pengguna perpustakaan (pemustaka) enggan untuk datang ke perpustakaan, apalagi untuk berlama-lama di perpustakaan. Salah satu upaya agar perpustakaan mempunyai daya tarik adalah menciptakan perpustakaan yang dilengkapi dengan ruang belajar (learning space) yang nyaman dan menarik bagi mahasiswa agar mereka tertarik dan betah di perpustakaan. Untuk mendukung ekosistem pembelajaran yang kreatif dan inovatif, Perpustakaan MIPA, Universitas Gadjah Mada telah menyediakan fasilitas learning space. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengalaman pengguna dalam memanfaatkan learning space Perpustakaan Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Oktober 2022 yang bertempat di Perpustakaan Fakultas MIPA UGM. Pengumpulan data melalui wawancara terhadap 22 informan,serta dokumentasi, dan observasi di lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan fasilitas learning space sudah baik, lengkap, memadai, dan memenuhi kebutuhan informan. Learning space digunakan untuk berbagai aktivitas akademik terutama untuk mengerjakan tugas dan belajar. Learning space sangat penting dan bermanfaat serta berdampak positif bagi mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa semua informan mempunyai pengalaman pengguna yang positif terhadap learning space Perpustakaan Fakultas MIPA UGM. Semakin banyak mahasiswa yang belajar di perpustakaan maka learning space perlu ditambah dan diperluas.
Copyright (c) 2023 Wiyarsih Wiyarsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal applies the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, with the copyright on the published articles retained by the respective authors without restrictions. It means that the authors may distribute the articles in their personal and institutional repositories while providing bibliographic details that credit this journal. This journal is granted a non-exclusive license to publish the articles as the original publisher, along with the commercial right to publish printed issues for sale publicly.
By publishing with this journal, authors grant any third party the lawful right to use their published article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.
Subsequently, people are permitted to share, distribute, remix, adapt, and build upon the published articles, even for commercial purposes, so long as they provide appropriate credit or attribution (Title, Author, Source, and License of the work), include a link to the license, indicate if any changes were made, and redistribute the derivative outputs under the same license (CC BY-SA 4.0).