Korelasi Mata Kuliah Pengantar Pembangunan Wilayah terhadap Efektivitas Pelaksanaan KKL II Tahun 2023

  • Noverienda Elsya Kirana Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada
  • Ridhwan Adnan Saputro Departemen Geografi Pembangunan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada
Keywords: regional, development, education, planning, fieldwork, course

Abstract

Kuliah Kerja Lapangan merupakan penerapan studi lanjutan dari mata kuliah pengantar yang dibuat untuk mengukur seberapa jauh pemahaman teori mahasiswa melalui adanya kuliah lapangan. Keduanya menjadi isu strategis untuk dikaji efektivitas melalui hubungannya, khususnya beberapa mata kuliah pengantar yang terkait. Pengembangan penelitian ini berangkat dari adanya tujuan untuk mengukur dan mendeskripsikan hubungan yang terjadi dari keberhasilan mata kuliah pengantar terhadap efektivitas pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan II. Melalui adanya pendekatan metode kuantitatif korelasi spearman, penelitian ini mampu mengukur seberapa jauh hubungan keduanya saling terbentuk dan dampaknya. Hasil kajian dari pengolahan data menunjukkan bahwa mata kuliah Geografi Regional Indonesia adalah satu-satunya mata kuliah pengantar yang memiliki hubungan signifikan terhadap efektivitas pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) II. Meskipun demikian, hubungan tersebut tidak linier dan menunjukkan kekuatan yang lemah. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan keterampilan mengajar dan substansi materi pada mata kuliah Geografi Regional Indonesia sehingga mata kuliah tersebut dapat diaplikasikan untuk kepentingan pelaksanaan KKL II secara optimal. Adapun mata kuliah yang lainnya, seperti Teori Pembangunan, Teori Keruangan, Ilmu Wilayah, Pengantar Perencanaan Pembangunan Wilayah, Teknik Analisis Regional, Studi Perkotaan, serta Pengembangan Pulau-Pulau Kecil dan Pesisir perlu ditingkatkan dalam hal substansi atau diciptakan sebuah mata kuliah baru yang lebih dapat mengakomodasi keperluan pelaksanaan KKL di Departemen Geografi Pembangunan.

Published
2024-06-30