Jurnal Ilmu Pertanian

Jurnal Ilmu Pertanian (Agriculture Science Journal; ISSN: 0126-4214) adalah sebuah open access jurnal yang memberikan peluang untuk publikasi bagi artikel-artikel yang membahas mengenai fisiologi tanaman, manajemen dan produksi tanaman, pemuliaan tanaman dan bioteknologi pertanian, biostatistika, agroklimatologi dan pemodelan, hubungan tanah-tanaman, fisiologi paska panen dan kualitas produk, sistem pertanaman dan pertanian, serta lingkungan dan agroekosistem.  

Jurnal menerima pengiriman makalah secara online. Makalah yang dikirimkan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan, memiliki keunggulan ilmiah serta berdampak signifikan terhadap pengembangan disiplin ilmu pertanian. Semua artikel yang diterima akan direview oleh peer-reviewed, dan artikel yang telah lolos peer-reviewed akan segera dipublikasikan secara online.

Jurnal Ilmu Pertanian menerbitkan publikasi sebanyak dua nomor dalam setahun (satu volume per tahun) yaitu pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Jurnal ini dikelola oleh Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Penerbitan makalah dalam Jurnal Ilmu Pertanian melibatkan para reviewer yang kompeten dibidangnya baik dari lingkungan Universitas Gadjah Mada maupun para peneliti lainnya dari dalam negeri dan luar negeri.

Tipe Artikel Ilmiah

Artikel reguler (Regular articles): artikel tipe ini mendiskusikan temuan-temuan baru dan secara teliti memberikan konfirmasi terhadap temuan-temuan baru tersebut. Prosedur percobaan harus disampaikan secara jelas dan lengkap dalam artikel sehingga memberikan kesempatan bagi para pembaca untuk memverifikasi penelitian yang telah dilakukan. Makalah lengkap harus mampu mendeskripsikan dan meninterpretasikan kegiatan penelitian yang telah dilakukan secara jelas.

Komunikasi singkat (Short communications): artikel tipe ini sesuai untuk memaparkan hasil investigasi sederhana yang lengkap atau memberikan rincian model baru atau hipotesis, metode inovatif, teknik atau peralatan. Metode penulisan artikel komunikasi singkat tidak harus sama dengan artikel penelitian reguler.

Artikel review (Review articles): pengiriman artikel dalam bentuk review ataupun perspektif yang membahas topik-topik menarik terkini (aktual) juga dapat dipublikasikan. Artikel review juga harus melewati proses peer-reviewed sebelum dipublikasikan. 

Panduan penulisan naskah jurnal dapat dilihat di http://agrisci.ugm.ac.id/naskah.htm

Informasi dari Jurnal kami yang lain di http://journal.ugm.ac.id/index.php/jbp/index dan jurnal ilmu pertanian volume sebelumnya dapat di akses di http://agrisci.ugm.ac.id/.


Vol 16, No 2 (2013)


Cover Page


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 0126-4214