EVALUASI INDIKATOR KINERJA UTAMA PADA KPP PRATAMA SEMARANG BARAT

https://doi.org/10.22146/abis.v1i3.59401

Wahyu Setyaji Ismaryanto(1*)

(1) Maksi FEB UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengukuran kinerja pada sektor publik digunakan untuk menilai pen-capaian kinerja dan memberikan gambaran tentang keberhasilan atau kegagalan dalam rangka mewujudkan akuntabilitas instansi pemerintah. Indikator kinerja sebagai alat untuk mengidentifikasi dan mengukur capaian kinerjanya harus valid, dalam arti mampu menggambarkan kinerja yang sebenarnya. Indikator kinerja juga harus berorientasi pada hasil karena secara langsung dapat menggambarkan pencapaian tujuan.Penelitian ini bertujuan untuk menilai validitas dan orientasi Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan menggunakan kriteria SMART dan four quadrant analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wa-wancara, kuesioner, dan riset pustaka. Penelitian dilakukan di KPP Pratama Sema-rang Barat dengan fokus penelitian pada IKU eselon III dan unit kerja di bawahnya, yaitu unit eselon IV dan Kelompok Jabatan Fungsional. Penelitian ini tidak mencakup IKU pada level individu atau pegawai.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% IKU eselon III dan 98% IKU eselon IV dan Kelompok Jabatan Fungsional di KPP Pratama Semarang Barat dinyatakan valid. Hasil evaluasi menggunakan four quadrant analysis menunjuk-kan bahwa IKU yang digunakan oleh KPP Pratama Semarang Barat belum berori-entasi pada hasil. Penelitian juga menemukan bahwa kendala dalam penyusunan dan pengimplementasian IKU yaitu pemahaman yang kurang atas proses bisnis DJP, sistem informasi pengelolaan kinerja belum memadai, pemahaman pegawai terhadap pengelolaan kinerja belum merata, dan adanya keterbatasan SDM.

Keywords


Abis, Abisugm, Abismaksi, Maksi, Maksiugm, Feb, Febugm, ugm, indikator kinerja utama (IKU), SMART, four quadrant analysis

Full Text:

PDF


References

Australian National Audit Office (ANAO), 2012, Development and Implementation of Key Performance Indicators to Support the Outcomes and Programs Framework, Audit Report No. 5 2011-12.Barnetson, B. and Cutright, M., 2000, “Performance Indicators as Conceptual Technologies”, Higher Education, Vol 40: pp. 277-292.Bastian, Indra, 2001, Akuntansi Sektor Publik, BPFE, Yogya-karta.Behn, Robert D., 2001, Rethinking Democratic Accountability, The Brooking Institution, Washington, D.C.Brereton, P., Kitchenham, B., Budg-en, D., and Li, Zhi, 2008, Us-ing a Protocol Template for Case Study Planning, 12th In-ternational Conference on Evaluation and Assessment in Software Engineering (EASE).Cooper, D.R. and Schindler, P.S., 2011, Business Research Methods, Eleventh Edition, McGraw Hill.Friedman, Mark, 1997, A Guide to Developing and Using Perfor-mance Measures in Results-based Budgeting, Makalah un-tuk Finance Project. http://www.financeproject.org/publications/measures.html, Diakses 12 September 2013._____, 2001, The Results and Per-formance Accountability Im-plementation Guide: Questions and Answers about How to Do the Work, www.raguide.org, Diakses 14 November 2013._____, 2009, Trying Hard is Not Good Enough: How to Pro-duce Measurable Improve-ments for Customers and Communities, FPSI Publishing.Hammersley, Martyn, (1987), “Some notes on the terms 'validity' and 'reliability’, British Education-al Research Journal, 13(1), 73-81.Harun, 2009, Reformasi Akuntansi dan Manajemen Sektor Publik di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.Hoque, Zahirul, 2008, “Measuring and Reporting Public Sector Outputs/Outcomes: Explorato-ry Evidence from Australia”, International Journal of Public Sector Management, Vol. 21 No. 5, pp. 468-493.Instruksi Presiden Republik Indone-sia Nomor 7 Tahun 1999 ten-tang Akuntabilitas Kinerja In-stansi Pemerintah.Kaplan, Robert S., and Norton, Da-vid P., 1992, “The Balanced Scorecard-Measures that Drive Performance”, Harvard Busi-ness Review, Januari-Februari.Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor 105/PJ/2012 tentang Pedoman Pengelolaan Kinerja Di Lingkungan Direktorat Jen-deral Pajak.Mackay, Alan, 2005, A Practition-er’s Guide to the Balanced Scorecard, The Chartered In-stitute of Management Ac-countants, London.22Mahsun, Mohamad, 2013, Penguku-ran Kinerja Sektor Publik, BPFE, Yogyakarta.Mardiasmo, 2004, Akuntansi Sektor Publik, ANDI, Yogyakarta.Marvin, Henry, 2012, Evaluasi Penyusunan Indikator Kinerja pada Pemerintah Kabupaten Bantul, Tesis S2, Program Pas-casarjana, Universitas Gadjah-mada, Yogyakarta.Moleong, Lexy J., 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Parmenter, David, 2007, Key Per-formance Indicators: Develop-ing, Implementing and Using Winning KPIs, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey.Siegel, G. and Marconi, H.R., 1989, Behavioral Accounting, South-Western Publication Company, Cincinati.Surat Direktur KITSDA Nomor S-178/PJ.11/2013 tentang Pen-yampaian Daftar Indikator Kinerja Utama (IKU) Kemen-keu-Two, Kemenkeu-Three, Kemenkeu-Four, dan Kemen-keu-Five Unit Vertikal Tahun 2013 beserta Manualnya.Wahyuni, Sari, 2012, Qualitative Re-search Method: Theory and Practice, Salemba Empat, Ja-karta.Wuryandari, 2012, Evaluasi Penyusunan Indikator Kinerja (Studi pada Universitas Gad-jah Mada), Tesis S2, Program Pascasarjana, Universitas Gad-jah Mada, Yogyakarta.Yin, Robert K., 2009, Case Study Research: Design and Meth-ods, Fourth Edition, Sage Pub-lications, Inc., California.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v1i3.59401

Article Metrics

Abstract views : 1524 | views : 3768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500