Pengembangan Desain Sistem Kompensasi: Kasus Pada PT Lingkar Aneka Konstruksi Indonesia

https://doi.org/10.22146/abis.v8i4.61768

Indra Yerymias Nababan Nababan(1*), Ertambang Nahartyo(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Internal dan eksternal alignment merupakan proses yang dapat dilakukan guna meningkatkan objektivitas kompensasi di suatu perusahaan. Penelitian awal menemukan bahwa tidak terdapat proses internal dan eksternal alignment pada desain sistem kompensasi PT Lingkar Aneka Konstruksi Indonesia. Kompensasi yang didesain hanya berdasarkan pengalaman pendiri perusahaan dan sangat subjektif. Hal ini dapat berisiko memunculkan masalah yang lebih besar pada masa depan terkait dengan keadilan ataupun motivasi karyawan yang pada akhirnya dapat berdampak pada pencapaian tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan desain sistem kompensasi yang telah ada agar menjadi lebih objektif melalui proses internal dan eksternal alignment. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi dalam membuat pengelompokan biaya-biaya proyek berdasarkan jenisnya sebagai respons terhadap ditemukannya informasi biaya proyek perusahaan yang dinilai terlalu sederhana. Pada tahap internal alignment penelitian ini melakukan analisis pekerjaan menggunakan metode wawancara dan kuesioner, serta melakukan evaluasi pekerjaan menggunakan metode poin. Pada tahap eksternal alignment penelitian ini melakukan survei ke beberapa perusahaan sejenis dan menggunakan data gaji yang diperoleh dari situs Badan Pusat Statistik. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi linear sederhana pada tahap merge internal dan eksternal. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan gaji pokok secara keseluruhan untuk setiap jabatan pada perusahaan, penentuan alokasi bonus berdasarkan pada job value, adanya penambahan metode work premium pada bonus, dan penambahan tunjangan BPJS ketenagakerjaan pada paket tunjangan.


Keywords


abis;abisugm;abisfebugm;maksi;maksiugm;maksifebugm,feb,febugm, Kompensasi, motivasi, internal alignment, eksternal alignment

Full Text:

PDF


References

Adams, J., S. (1963). “Wages inequities, productivity and work quality.” Journal of economy and society. Barry, C. (2002). Human Resource Management. Jakarta. PT Elex Media Komputindo. Chakraborty, D., & Biswas, W. (2019). “Evaluating the impact of human resource planning programs in addressing the strategic goal of the firms: an organizational perspective.” Journal of advances in management research. Creswell, J. (2014). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Fourth edition. California: Sage Publication. Dessler, G. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Indeks. Herzberg (1959). The Motivation to Work. New York: John Willey and Sons. Kadarisman, M. (2016). Manajemen Kompensasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Maslow, A., H. (1943). “A Theory of Human Motivation.” Psychological Review. Vol 50 No 4. Martocchio, J. (2017). Strategic Compensation. Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education. Milkovich, G., Newman, J., Gerhart, B. (2011). Compensation. Tenth Edition. New York: McGraw- hill/Irwin. Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Pang, K., & Shanlu, C. (2018). “Organizational motivation, employee job satisfaction and organizational performance: an empirical study of container shipping companies in Taiwan.” Maritime Business Review. Pemerintah Indonesia. 2003. Undang- Undang No. 13 Tahun 2003 Yang Mengatur Tentang Upah Ketenagakerjaan. Robbins, S., & Coulter, M. (2014). Management. Twelfth Edition. United States: Pearson Education Limited. Schuler, R. (1998). Managing Human Resources. Eagan: South Western Collage. Sarli, A., & Adianto, Y. (2017). “Hambatan Penerapan Insentif Dalam Kontrak Kerja Konstruksi Pemerintah Dari Persepsi Pengguna Jasa.” Jurnal Infrastruktur. Vol 3 No. 02 Desember 2017. Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v8i4.61768

Article Metrics

Abstract views : 1654 | views : 9213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500