Pengaruh Kode Etik Profesional Persepsian, Filosofi Moral Pribadi, dan Budaya terhadap Kesadaran Etis Auditor Internal di Indonesia

https://doi.org/10.22146/abis.v10i1.73340

Novia Auliyah(1*), Mahfud Sholihin(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kode etik profesional persepsian, filosofi moral pribadi (idealisme dan relativisme), dan budaya terhadap kesadaran etis auditor internal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei yang dibagikan secara online. Jumlah responden yang dikumpulkan dalam penelitian ini sebanyak 75 auditor internal. Pengujian hipotesis kemudian dilakukan dengan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa kode etik profesional persepsian dan idealisme memiliki pengaruh positif terhadap kesadaran etis auditor internal, sedangkan relativisme memiliki pengaruh negatif terhadap kesadaran etis auditor internal. Budaya ditemukan memiliki pengaruh terhadap kesadaran etis auditor internal khusunya dimensi power distance, uncertainty avoidance, dan long term orientation. Berdasarkan uji data melalui software WarpPLS 7.0 ditemukan bahwa kesadaran etis dapat dijelaskan oleh ketiga variabel kode etik profesional persepsian, filosofi moral pribadi (idealisme dan relativisme), serta budaya sebesar 55%, sedangkan 45% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian. Penelitian ini bersifat orisinal; belum ada studi empiris di Indonesia yang meneliti pengaruh kode etik profesional persepsian, filosofi moral pribadi, dan budaya terhadap kesadaran etis dengan menggunakan auditor internal sebagai objek penelitian.


Keywords


Auditor internal;kode etik audit internal;filosofi moral pribadi;budaya;kesadaran etis;proses pengambilan keputusan etis.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v10i1.73340

Article Metrics

Abstract views : 521 | views : 659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500