Perbandingan Model Peramalan Singular Spectrum Analysis (SSA) dan Fourier Series Analysis (FSA) pada Data Suhu Udara di Surabaya



Stefanie Intan Christienova(1*), Evi Wahyu Pratiwi(2), Gumgum Darmawan(3)

(1) Padjadjaran University
(2) Padjadjaran University
(3) Padjadjaran University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada dekade terakhir terjadi peningkatan suhu di kota besar tidak terkecuali di Surabaya. Kenaikan suhu juga sangat berkaitan dengan kelembaban udara di suatu wilayah yang juga akan mempengaruhi cuaca. Peramalan yang tepat akan suhu udara sangat dibutuhkan. Dalam penelitian ini akan dibandingkan hasil peramalan dengan menggunakan model Singular Spectrum Analysis (SSA) dengan model Fourier Series Analysis (FSA). Kedua metode ini tidak memerlukan pemenuhan asumsi parametrik dan baik diterapkan pada data musiman. Dari hasil pengujian, data suhu udara yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pola musiman. Berdasarkan analisis dengan menggunakan kedua model tersebut, yang memberikan nilai MAPE terkecil adalah FSA sebesar 1,8897 dibandingkan model SSA sebesar 2,00932. Namun, jika dilihat plot data asli dengan hasil rekonstruksi, penghitungan dengan SSA mempunyai plot yang hampir mirip dibandingkan dengan FSA.

Kata kunci: peramalan, suhu udara, analisis deret waktu, Singular Spectrum Analysis, Fourier Series Analysis


Full Text:

PDF


References

Abraham, B., Ledolter, J., 2005. Statistical Methods for Forecasting. Wiley Interscience.

Ahadiansyah, A., 2009. Perbandingan Model Autoregressive dan Model Analisis Path untuk Data Suhu Minimum Pondok Betung Tangerang Tahun 2007. Universitas Islam Negeri.

Caraka, R.E., 2016. Long Memory Models to Forecasting Temperature. Seminar Nasional Meteorologi dan Klimatologi 2016.

Darmawan, G. 2016. “Identifikasi Pola Data Curah Hujan pada Proses Grouping dalam Metode Singular Spectrum Analysis”. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016.

Darmawan, G., Hendrawati, T., Arisanti, R. 2015. “Model Auto Singular Spectrum untuk Meramalkan Kejadian Banjir di Bandung dan Sekitarnya”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.

Darmawan, G., Toharudin, T., Handoko, B. 2016. “Model Regresi Spektral untuk Memodelkan Data Musiman”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016.

Machmudin, A. Dan Ulama, B.S.S., 2012. Peramalan Temperatur Udara di Kota Surabaya dengan Menggunakan ARIMA dan Artificial Neural Network. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol. 1, No. 1.

Pankratz, A. 1983. Forecasting with Univariate Box-Jenkins Models:Concepts and Cases. Wiley Online Library.

Pratopo, A.K.F., 2012. Program Studi Meteorologi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung.

Ramdani, A.L., 2011. Penggunaan Model Arima dalam Peramalan Suhu Udara di Sekitar Palangkaraya. Institut Pertanian Bogor.

Trenberth, K., Overpeck, J., Solomon, S. 2004. Exploring Drought and Its Implications For the Future. Eos, Transactions American Geophysical Union 85:3, 27.




Article Metrics

Abstract views : 4174 | views : 5876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 0215-9309 (Print)

Jumlah kunjungan : Web
Analytics View my Stat.