Analisis Manajemen Corporate Social Responsibility (CSR) Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul

https://doi.org/10.22146/bkm.40506

Muhammad Cahyo Wicaksono(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan Corporate Social Responsibility merupakan etika kewajiban yang mengharuskan rumah sakit dan organisasi lainnya untuk melakukan sesuatu yang bemanfaat dalam hal ini memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk pasien. Manajemen memiliki peran penting pada sebuah organisasi dalam menyelesaikan pekerjaan dan mencapai tujuan dengan proses-proses yang dilakukan secara sistematis.

Penelitian Deskriptif dengan pendekatan Case Study. Subyek penelitian ini termasuk 4 orang. Menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan validitas data teknik triangulasi sumber.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan program CSR terencana dengan baik, 2) pengorganisasian program CSR sudah berjalan dengan baik dilengkapi dengan Tugas dan Kekuasaan (UTW), 3) dalam pelaksanaan program CSR ada kendala , kurangnya sumber daya manusia dalam proses implementasi, 4) pengawasan program CSR telah terencana baik pemantauan pihak internal maupun eksternal, dan 5) evaluasi program CSR sudah berjalan secara rutin dan sesuai dengan yang digunakan standar kualitas.
Kesimpulan: Manajemen Program CSR di RS Nur Hidayah di Bantul telah berjalan dengan baik walau masih terdapat beberapa kendala.


Keywords


Corporate Social Responsibility, Manajemen, Rumah Sakit



References

Amir, M, D., 2015, Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan, Mitra Wcana Media, Jakarta. Hal 59. 2. Badan Pusat Statistik, 2015. Presentase Penduduk Miskin Di Indonesia, www.bps.go.id, Jakarta. 3. Branda, C. (2013) ‘Social Responsibility : A New Paradigm of Hospital’, pp. 390–402. doi: 10.1007/s10728-012-0206-3 4. Gammahendra., dkk. 2014. Pengaruh Struktur Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi (Studi Pada Persepsi Pegawai Tetap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Universitas Brawijaya, Malang Vol. 7 No. 2. 5. Iqbal.M., 2009. Pengawasan Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) di PT. Inalum Terhadap Masyarakat dan Lingkungan Sekitar Perusahaan. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Medan. 6. Kadafi, M., 2010. Pentingnya Kerjasama Tim Dan Orientasi Hasil Terhadap Kinejar Karyawan. Jurnal Eksis. Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Vol.6, Nol.2. ISSN 0216-6437. 7. Kalagi, R., 2015. Pengembanan Sumber Daya Manusia Dan Kinerja Aparat Sipil Negera Di Kabupaten Kepulauab Sangihe Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (Ipdn) Kampus Sulawesi Utara Vol.2, No.1. 8. Marnelly, T., Tomi. 2012. Corporate Social Responsibility (CSR): Tinjaun Teori Dan Praktek Di Indonesia. Vol.2, No.2. 9. Muninjaya, G.A.A., 2013. Manajemen Kesehatan, Edisi Ketiga, EGC, Jakarta. Hal 43. 10. Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-5/MBU/2007, Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara Dengan Usaha Kecil Dan Program Bina Lingkungan. Jakarta. 11. Poernomo, E. 2006. Pengaruh Kreativitas Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Manajer Pada PT. Jesslynk Cakes Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi. Adm Bisnis UPN Veteran Jawa Timur. Vol.6, No.2. 12. Rosyida.I., Nasdian.F.T. 2011. Partisipasi Masyarakat dan Stakeholder dalam Penyelenggaraan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya terhadap Komunitas Perdesaan . Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia.Fakultas Ekologi Manusia IPB. ISSN : 1978-4333, Vol. 05, No. 01. 13. Roza, S., 2014. Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program CSR (Corporate Social Responsibility). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Universitas Jambi. Vol.3 No.1. 14. Sinatra.A.R., Frisko.D., 2014. Evaluasi Praktik Corporate Social Responsibility Berdasarkan Prinsip Corporate Governance PT.Miwon Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol.3 No.2 15. Suharto,E., 2010 CSR & Comdev Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi, Alfabeta, Bandung, Hal 146. 16. Widjanti, E., 2007. Perencapanaan Sumber Daya Manusia yang Efektif: Strategi Mencapai Keunggulan Kompetitif. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Vol. 7, No. 2.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.40506

Article Metrics

Abstract views : 6126 | views : 3633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter