Prototipe sistem informasi penilaian kinerja kegiatan di BBTKLPP Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/bkm.45036

Mardiansyah Mardiansyah(1*), Dhelina Auza Utami(2), Niko Tesni Saputro(3)

(1) Gadjah Mada University
(2) BBTKLPP Yogyakarta
(3) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang:Dalam rangka implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di BBTKLPP Yogyakarta, dilakukan penyusunan laporan, monitoring dan evaluasi kinerja terhadap capaian rencana aksi kegiatan (RAK) dan rencana kerja anggaran (RKA). Akan tetapi penilaian kinerja yang telah dilakukan menggunakan aplikasi hanya tingkat eselon 2, sedangkan tingkat eselon 3 dan eselon 4 masih manual. Pengelola laporan kinerja dan pimpinan belum dapat monitoring dan evaluasi capaian kinerja pada tiap tingkat eselon 3 dan 4 sehingga diperlukan sistem informasi penilaian kinerja kegiatan berbasis elektronik yang terintegrasi.

Tujuan:Mengembangkan sistem informasi penilaian kinerja kegiatan di BBTKLPP Yogyakarta.

Konten: Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP 7.2.15, database MySQL 5.0.12, framework Laravel 5.8, web server Nginx 1.14.0, code editor Notepad ++ 7.6.6 dan web browser Chrome 73.0.36. Fitur aplikasi terdiri atas data master (data eselon, indikator kegiatan, sub indikator, sasaran, program, kegiatan, output, sub output, komponen, sub komponen, akun), data transaksi (target RAK Total, target RAK per eselon, target RKA, capaian RAK per eselon, capaian RKA) dan laporan (capaian RAK secara keseluruhan per periode (bulanan dan tahunan), laporan capaian RAK per eselon per periode,  laporan capaian RKA per periode).

Hasil: Sebelum menggunakan aplikasi, penilaian kinerja masih manual dikirim setiap bulan ke Subbag Program dan Laporan sebagai pengelola laporan kinerja. Data capaian kinerja dikompilasi berjenjang dari masing-masing eselon sehingga didapatkan capaian kinerja total. Kesalahan perhitungan karena masih menggunakan manual sering terjadi dan proses verikasi data masih membutuhkan waktu relatif lama. Setelah menggunakan aplikasi, penilaian kinerja menjadi lebih cepat dan tepat, sangat membantu pengelola laporan kinerja dan pimpinan dalam monitoring dan evualasi capaian kinerja kegiatan secara berkala.

Kesimpulan: Prototipe membantu penilaian kinerja kegiatan, laporan dari aplikasi dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi pimpinan dalam menentukan arah kebijakan dan pengambilan keputusan atas hasil evaluasi capaian kinerja setiap level eselon yang berada di bawahnya.


Keywords


Prototipe, sistem informasi, kinerja




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45036

Article Metrics

Abstract views : 572 | views : 766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter