Hubungan tingkat kantuk terhadap derajat kelelahan dokter residen di RSUP Dr. Sardjito

https://doi.org/10.22146/bns.v17i3.55791

Putu Gede Sudira(1*), Indarwati Setyaningsih(2), Astuti Astuti(3)

(1) Fakultas Kedokteran Universitas
(2) Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Dokter residen dalam tahapan pendidikan klinisnya rentan mengalami kondisi kekurangan durasi waktu tidur. Kondisi ini dapat berlangsung secara akut yang menyebabkan timbulnya tingkat kantuk berlebihan, maupun terjadi secara kronis menyebabkan timbulnya kelelahan. Dampaknya tidak saja merugikan dokter residen sendiri, namun juga merugikan lingkungan, dan terutama keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tingkat kantuk terhadap derajat kelelahan dokter residen di RSUP Dr. Sardjito pada dokter residen yang bertugas di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta tahun 2014.
Metode penelitian potong lintang berupa pengisian kuesioner yang dilakukan secara mandiri oleh dokter residen tahap dasar (semester II) dan tahap mandiri (chief) di setiap Bagian di RSUP Dr. Sardjito. Derajat keparahan tingkat kantuk dinilai menggunakan instrumen The Epworth Sleepiness Scale, sedangkan derajat tingkat kelelahan dengan fatigue severity scale yang telah dimodifikasi ke dalam bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan 84 dokter residen yang terdiri dari 49 residen tahap dasar (58,3%) dan 35 residen tahap mandiri (41,7%) memiliki rerata tingkat kantuk 12,17±4,98 dan tingkat kelelahan 36,79±11,15, yang tergolong abnormal. Derajat tingkat kantuk memiliki korelasi terhadap derajat tingkat kelelahan dokter residen pada analisis bivariat, namun hubungan itu tidak terbukti pengaruhnya pada analisis multivariat. Variabel yang memiliki pengaruh terhadap tingginya tingkat kelelahan dokter residen adalah variabel sosiodemografis, yaitu status tinggal bersama keluarga selama masa residensi dan peningkatan berat badan dalam 6 bulan terakhir.

Keywords


dokter residen; kekurangan durasi waktu tidur; tingkat kantuk; tingkat kelelahan; faktor sosiodemografi

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bns.v17i3.55791

Article Metrics

Abstract views : 708 | views : 1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Berkala NeuroSains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.