Validasi Modul Bermain Peran “Aku Sayang Kawan” untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini

Sita Alfiyah, Wisjnu Martani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan validasi modul bermain peran “Aku Sayang Kawan” untuk meningkatkan pengetahuan tentang perilaku prososial pada anak usia dini. Hipotesis dalam penelitian ini adalah modul bermain peran “Aku Sayang Kawan” mampu meningkatkan pengetahuan tentang perilaku prososial pada anak usia dini. Metode eksperimen yang digunakan adalah the untreated control group design with dependent pretest and postest samples. Peserta penelitian terbagi kedalam kelompok kontrol (13 anak) dan kelompok eksperimen (11 anak). Hasil uji statistik menggunakan anava campuran menunjukkan nilai F=27,20 (p<0.01). Hal tersebut berarti ada perbedaan yang signifikan skor pengetahuan tentang perilaku prososial dari pretest ke postest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Modul bermain peran “Aku Sayang Kawan” dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perilaku prososial pada anak usia dini.

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.9214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology