Rekondisi Mesin Emco CNC VMC-200

https://doi.org/10.22146/ijl.v0i0.72109

Basuki Rachmat(1*)

(1) Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Mesin Emco CNC VMC-200 adalah mesin milling yang semua pergerakan sumbu, spindle dan pergantian alat irisnya sudah dikontrol menggunakan CNC (Computer Numerical Control). Mesin ini masuk dalam golongan mesin kelas industri, meskipun dengan skala terbatas. Kerusakan yang umum terjadi pada mesin ini adalah pada beberapa komponen elektronik dan mekaniknya karena usia mesin dan terjadi keausan, sehingga komponen yang ada sudah tidak berfungsi secara normal. Komponen elektronik seperti main komputer rusak sehingga tidak bisa lagi melakukan pembacaan dan penyimpanan program. Controller pada masing-masing sumbu dan sistem pembangkit tenaga untuk spindle juga yang berkaitan dengan sistem ATC (Automatic Tools Changer). Komponen mekanik yang sering rusak pada kopling encoder masing-masing sumbu dan sistem ATC. Kerusakan lain pada ballscrew karena terjadi gesekan antar komponen sehingga aus atau pecah. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka perlu diperbaiki dengan cara bagian elektronik dan mekanik diganti dengan yang baru sehingga mesin dapat digunakan lagi sesuai peruntukannya. Setelah kedua bagian diperbaiki, diharapkan mesin ini mampu dioperasikan untuk proses pemesinan sesuai dimensi dan ketelitian yang standar.


Keywords


CNC; ATC; Elektronik; Mekanik

Full Text:

PDF


References

Anggraini, Lydia, and Ivan Junixsen. "Optimation Parameters of CNC Milling Programming Machine on The Process Time and Its Effect on the Efficiency." Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics 3.2 (2019): 62-81.

Darmawan H., 2004, Pengantar Perancangan Teknik, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi; Jakarta

Emco Maier Ges.m.b.H., 1990, Studend’s Handbook EMCO VMC-200

Islahudin, I., & Isnaini, M. (2020). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Software Electronics Workbench (EWB) Untuk Menunjang Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar I. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 96-100.

Morales-Palma, D., Martínez-Donaire, A.J., Centeno, G. and Vallellano, C., 2016. Teaching experience for the virtualization of machine tools and simulation of manufacturing operations. In Materials Science Forum (Vol. 853, pp. 79-84). Trans Tech Publications Ltd.

Muhammad, Arsyad Suyuti, and Nur Rusdi. "Pembuatan Produk Benda Ukur sebagai Media Praktek Pengukuran Dimensi di Laboratorium Mekanik." Jurnal Teknik Mesin SINERGI 9.1 (2011): 93-104.

Oktriadi, Yudi. Pengembangan dan Kalibrasi Alat Ukur Berbasis Encoder di Mesin CNC. Diss. Universitas Gadjah Mada, 2018.

Williams, Darren L., et al. "Computerised measurement of contact angles." Galvanotechnik 101.11 (2010): 2502.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v0i0.72109

Article Metrics

Abstract views : 1693 | views : 1235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats