Major Issues And Challenges For Improving The Marketing And Distribution Of Agricultural Products

https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16786

Kaman Nainggolan(1*)

(1) Ministry Of Agriculture Republic of Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Agribisnis masih merupakan sektor ekonomi yang peming di banyak negara mempunvai kontribusi yang hesar dalam PDB, penyerapan tenaga kerja clan penerimaan devisa ekspor.
Sebagai basil globalisasi ekonomi dan liberalisasi pasar. pelt:ring pasar komoditas pertanian akan lehih hesar bagi produk yang kompetitif. twerp' menciptakan pesaing yang semakin banyak, dan semakin tinggi sfendar kualitas yang diminta. Pemasaran dan distribrai merupakan salah sant masalah kompleks. Oleh sebab itu pemerintah dan para pengusaha perlu mencari memperhaiki sistim pemasaran dan Astern di.strilm.si yang handal untuk meningkaikan daya saing.
Tantangan dimasa depan yang dihadapi para pengusaha adalah : menghasilkan produk dengan kualitas super. pasar yang dinamis. .jaringern distribusi pemasaran yang handal, pengembangan produk, promosi. pa.sokan yang kontinu, perrelitian pasar, clan sistem informers! pasar. Sedangkan masalah mum dalam agrihisnis adalah: hambatan-hambatan perdagangan nnernasional, ketersediaan kredit, suku bunga yang tinggi, flukwasi nilai mkar, kebilaksanzzan perdagangan, pajak ekspor, pajak impor Kahan baku, praktek-prakiek hirokrasi, hiaya transpor yang tinggi, ketersediaan bahan-bahan baku dengan kualitas yang bark dan pasokan yang kontinu, kekurangan sarana penunjang, dan kekurangan manajer professional.
Dalam kehijaka» perdagangan, penghapusan terhadap semua hambatemhambatan ekspor sepern pajak ekspor untuk produk pertanian dan tarif impor yang tinggi untuk input yang digunakan bagi sektor agribisnis sangat mendesak. Pramosi perdagangan lebih pro-aktif, penyederhanaan hambatan-hambatan hirokrasi untuk masuknya investasi asing akin membantu agribisnis. Disamping itu, kebijakan elan program-program perlu ditekankan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif, mendorong usaha agribisnis skala kecil, memperkzrat sumberdaya dan kelembagaan pezdukung di wilayah perdesaan, menyiapkan infrastruktur investasi yang diperlukan, pelayanan publik yang lebih balk, dan menyediakan pelatihan pemasaran bagi para pengusaha agribisnis.
Pada perspektif mikro, upaya-upaya difokuskan kepada : a) intelijen pemasaran mengenai informasi strategis termasuir dampak perjanjian pertanian di WTO, Standar produk, bea masuk rum& produk ekspor, dan review tentang hambatan non- tarif; b) infrastruktur; c) penguatan lembaga pemasaran; d) peningkalan produktivitas; e) pengembangan kemitraan antara perusahaan besar dengan para petani; f) pengembangan sumberdaya manusia. Beberapa hal tersebut di alas harus dikerjakan oleh pemerimah, dan lainnya diserahkatt untuk dapat diiangani oleh sektor swasta

Full Text:

PDF


References

B.Saragih, Agribisnis. Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian, 2001

Badan Agribisnis, Departemen Pertanian, Sistem, Strategi dan Program Pengembangan Agribisnis, 1995

Chia-lin Chen, A Country Paper presented in the APO Study Meeting on Agricultural Trade Policy in Asia Pacific, 1995

Glenn Harrison, Thomas Rutherford, David Tarr., Quantifying the Outcome of the Uruguay Round, 1995

J.J.Boomgard, Strategies for Promoting Broad-based Agribusiness Growth in Developing Countries, Agribusiness Development, 1993

JE.Stiglitz, The Role of Government in Economic Development in the Annual Bank Conference Development Economics., 1996

Kaman Nainggolan, Government Support for Promotion of Agricultural Export, 1997

velopment. Paper presented at the Farms Foundation's, 1999

Kenneth G Swanberg, GATT Uruguay Round Impact on Demand for Horticultural and Meat Products in North America, Europe, and Asia, 1995

L.Tweeten, Agricultural Trade: Principles and Policies, 1992

M.L.Cook, M.E. Bredahl, Agribusiness Competitiveness in the 1990, 1991

ME.Porter,, Competitive Advantage: Creation and Sustaining Superior Performance, 1985

SN.Pandey, A Country Paper presented in the APO Study Meeting on Export potentials of Tropical Agricultural Products., 1996

STEPHEN L .MAGIERA, PROSPECTS FOR INDONESIA'S, 1995

World Bank, The Uruguay Round and the Developing Economies, 1995



DOI: https://doi.org/10.22146/agroekonomi.16786

Article Metrics

Abstract views : 1115 | views : 1156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Agro Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AGRO EKONOMI ISSN 0215-8787 (print) , ISSN 2541-1616 (online)  indexed by :

sinta worldcat 

 

View My Stats