Pengaruh Agensia Bermanfaat dan Paket Pemupukan Magnesium, Boron dan Silikon terhadap Hasil dan Kualitas Buah Pisang Mas (Musa acuminata L.)

https://doi.org/10.22146/veg.25683

Ramot Christian(1*), Eka Tarwaca Susila Putra(2), Siti Subandiyah(3)

(1) 
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk 1) menentukan ada atau tidaknya pengaruh interaksi aplikasi agensia bermanfaat dengan paket pemupukan Mg, B, dan Si terhadap hasil dan kualitas buah pisang mas, dan 2) menentukan kombinasi terbaik antara faktor agensia bermanfaat dan paket pemupukan Mg, B, dan Si yang mampu memaksimalkan hasil dan kualitas buah pisang mas. Penelitian di lapangan dilaksanakan pada Mei 2015 – April 2016, dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) dua faktor dengan tiga blok sebagai ulangan. Faktor pertama berupa aplikasi agensia bermanfaat dijadikan sebagai petak utama, sementara itu faktor kedua berupa aplikasi pemupukan Mg, B, dan Si dijadikan sebagai anak petak.Faktor agensia bermanfaat terdiri atas empat taraf yakni 1) Trichoderma sp., 2) Trichoderma sp. + mikoriza, 3) Trichoderma sp. + molass, 4) Trichoderma sp. + mikoriza + molass, 5) Tanpa aplikasi agensia bermanfaat. Kemudian faktor aplikasi paket pemupukan Mg, B, dan Si terdiri atas dua taraf yakni 1) 60 g/tanaman Mg + 2,12 g/tanaman B + 0,92 g/tanaman Si, 2) Tanpa aplikasi paket pemupukan Mg, B, dan Si. Variabel utama yang diamati meliputi karakter fisiologis, karakter anatomi, dan komponen hasil pada buah pisang mas. Data yang diperoleh dianalisis varian (ANOVA) pada taraf 5% dan berikutnya diuji lanjut dengan uji beda nyata terkecil (BNT) apabila terdapat beda signifikan antar perlakuan. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa terdapat pengaruh interaksi antara faktor agensia bermanfaat dengan paket pupuk Mg, B, dan Si pada variabel kandungan pektin, lignin, selulosa, ketebalan dinding sel, diameter floem, dan diameter xilem kulit buah pisang mas. Kemudian kuantitas hasil dan komponen hasil pisang mas tidak dipengaruhi oleh interaksi antara faktor agensia bermanfaat dengan paket pupuk Mg, B, dan Si, maupun pengaruh individual dari kedua faktor tersebut. Sementara itu kualitas hasil pisang mas yang diindikasikan oleh variabel kekerasan kulit jari buah menjadi lebih baik akibat perlakuan paket pupuk Mg, B, dan Si, namun tidak dipengaruhi oleh macam agensia bermanfaat.


Keywords


buah, pisang mas, agensia bermanfaat, paket pupuk (Mg, B, dan Si)



References

Gillman, J. H., D. C. Zlesak and J. A. Smith. 2003. Applications of potassium silicate decrease black spot infection in rosa hybrida ’meipelta’. Hort Sci. 38(6): 1144-1147.

Heldt and Hans-Walter. 2005. Plant biochemistry. 3rd Edition. Academic Press, USA.

Ishii, T. and T. Matsunaga. 2001. Pectic polysaccharide rhamnogalacturonan II is covalently linked to homogalacturonan. Phytochemistry. 57 : 969-974.

Kumar, A. R., N. Kumar, dan P. Jeyakumar. 2008. Effect of post-shooting spray of sulphate of potash (sop) on yield and quality of banana cv, robusta. Journal of Agriculture and Biological Science. 4(6): 655 – 659.

Prabowo, R. I. 2015. Penguatan struktur kulit dan peningkatan hasil buah pisang (Musa acuminata) “ambon kuning” dengan aplikasi magnesium, boron, dan silika. Skripsi. Departemen Budidaya Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Putra, E.T.S., W. Zakaria, N.A.P. Abdullah dan G. Saleh. 2010. Stomatal morphology, conductance and transpiration of Musa sp. cv. Rastali in relation to magnesium, boron and silicon availability. American Journal of Plant Physiology. 7 : 84-96.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.25683

Article Metrics

Abstract views : 1519 | views : 1536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Vegetalika



VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats