Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika (Halaman 45 s.d. 48)
Pramudya Dwi Aristya Putra(1*), Sudarti -(2)
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember Bumi Tegal Boto, JL. Kalimantan No. 37 Jember- Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember Bumi Tegal Boto, JL. Kalimantan No. 37 Jember- Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui sistem e-learning. Metode yang digunakan adalah 2R2D yang dikembangkan oleh Willis. Tahapan penelitian ini terdiri dari pendefinisian, perencanaan dan menyebarluaskan. Data diperoleh melalui pretest, angket dan posttest dengan bentuk instrument berupa lembar angket dan butir soal berpikir kritis. Subyek penelitian adalah 35 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember yang memprogram pada mata kuliah Fisika Sekolah I. Hasil indikator yang dikembangkan dalam berpikir kritis adalah interprestasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Validasi ahli menjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan adalah cukup valid. Terjadi peningkatan rata-rata pada uji coba perangkat. Berdasarkan penelitian didapatkan simpulan bahwa perangkat pembelajaran dengan sistem e-learning meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24373
Article Metrics
Abstract views : 6675 | views : 6936Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Pramudya Dwi Aristya Putra, Sudarti -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.