DETERMINISTIC BEHAVIORS TOWARD INFORMATION TECHNOLOGY DIFFFUSION WITHIN SMALL AND MEDIUM-SIZED FIRMS IN INDONESIA
Hargo Utomo(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini mengungkap beberapa temuan awal tentang perilaku deterministik dalam proses adopsi dan penyebaran (difusi) teknologi informasi di kalangan usaha kecil dan menengah di Indonesia. Keyakinan dasar adalah bahwa usaha kecil dan menengah mempunyai kemampuan menampilkan keluwesan pengelolaan sumberdaya organisasional, mengeksplorasi keunikan jejaring sosial, dan mengambil manfaat dari inovasi berbasis teknologi informasi. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana pemilik sekaligus manajer usaha kecil dan menengah memandang teknologi informasi dan bagaimana mereka menyelesaikan masalah-masalah bisnisnya dengan menggunakan bantuan teknologi informasi. Studi kasus dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dan mengungkap aspek-aspek kualitatif mengenai faktor kunci kesuksesan inovasi berbasis teknologi informasi. Temuan dalam studi ini adalah bahwa kompleksitas inovasi di kalangan usaha kecil dan menengah muncul karena adanya interaksi berbagai faktor kelembagaan yang harus dipikirkan sebelum fenomena keberhasilan inovasi yang dimaksud dapat diraih dan disebarluaskan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jieb.6611
Article Metrics
Abstract views : 823 | views : 495Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |