Efektifitas Penggunaan Media Audiovisual dan Aplikasi Permitasi Terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Ibu Meminum Tablet Besi
Annisa Raufiah Fertimah(1*), Widyawati Widyawati(2), Sri Mulyani(3)
(1) Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Keperawatan Komunitas Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Background: One cause of anemia in pregnancy is mothers’ non-compliance in consuming iron tablet supplement because of the knowledge insufficiencies regarding anemia and the importance of iron tablet consumptions. Knowledge and compliance of pregnant mothers can be improved through health education using appropriate technology and media. Nowadays, health education is pre-dominated by conventional methods. However, audiovisual, and android applications are rarely used.
Objective: To identify the effect of audiovisual health education and Pemitasi app (an android application for reminding user to consume iron tablet supplement) toward knowledge about anemia and pregnant mothers’ compliance in taking iron tablet supplement and to determine the correlation between anemia knowledge and compliance in taking iron tablet supplement.
Methods: This research was a quasi-experimental design with one group pretest posttest design. The sample of research consisted of 60 pregnant women who received iron tablets and owned an android smartphone. Sample was recruited using consecutive sampling methods. Research instruments were questionnaire and daily iron tablet supplement consumption control form. Data was analyzed using Wilcoxon test and Spearman’s rho correlation test.
Results: Result: The mean knowledge score before and after audiovisual media intervention were 75,70 and 91,43. In addition, the mean scores of compliance before and after the Pemitasi app intervention were 79,50 and 93,67. What is more, there were significant results between pre-test and post-test knowledge level (p= 0,001) and compliance (p= 0,001). Also, there was a significant relationship between the knowledge and compliance of pregnant women in consuming iron tablets (p = 0,002).
Conclusion: Providing health education using audiovisual media and Pemitasi app improve pregnant women’s knowledge of anemia and their consumption compliance of iron tablets.
ABSTRAK
Latar Belakang: Salah satu penyebab masalah anemia pada ibu hamil adalah ketidakpatuhan ibu dalam mengonsumsi tablet besi karena kurangnya pengetahuan tentang anemia dan pentingnya mengkonsumsi tablet besi. Pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil dapat ditingkatkan melalui pendidikan kesehatan menggunakan teknologi dan media yang tepat. Saat ini, pendidikan kesehatan masih menggunakan metode konvensional. Namun, metode audiovisual dan aplikasi masih jarang dilakukan.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian media audiovisual dan aplikasi Pemitasi (aplikasi android sebagai pengingat minum tablet besi) terhadap pengetahuan tentang anemia dan kepatuhan minum tablet besi pada ibu hamil, serta mengetahui hubungan pengetahuan dengan kepatuhan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental dengan rancangan one group pre-test post-test. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 ibu hamil di salah satu Puskesmas di Kabupaten Bantul yang menerima tablet besi dan memiliki smartphone berbasis android yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan format kontrol harian konsumsi tablet besi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji korelasi Spearman’s rho.
Hasil: Hasil rata-rata skor pengetahuan sebelum pemberian media audiovisual sebesar 75,70 dan sesudah perlakuan sebesar 91,43. Hasil rata-rata skor kepatuhan sebelum pemberian aplikasi Pemitasi sebesar 79,50 dan sesudah perlakuan sebesar 93,67. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada tingkat pengetahuan (p= 0,001) dan kepatuhan (p= 0,001). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi (p= 0,002).
Kesimpulan: Pemberian edukasi kesehatan melalui media audiovisual dan aplikasi Pemitasi berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dan kepatuhan minum tablet besi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
- World Health Organization (WHO). The Global Prevalence of Anemia in 2011. Switzerland: WHO; 2011.
- Allen LH. Anemia and Iron Deficiency: Effects on Pregnancy Outcome 1 – 3. 2000; 71: 1280–4. Available from: ajcn.nutrition.org.
- Manuaba. Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: EGC; 2007. 559 p.
- Leveno KJ, Cunningham FG, Alexander J, Bloom SL, Casey BM, Dashe JS, Williams. Manual of Obstetrics Pregnancy Complications. 22nd ed. U.S Amerika: Mc Graw Hill Medical; 2008.
- Dinas Kesehatan. Profil Kesehatan Provinsi D.I.Yogyakarta tahun 2011. Yogyakarta: Dinkes DIY; 2012.
- Azra PA, Rosha BC. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Anemia Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Air Dingin Kecamatan Kota Tengah, Kota Padang. Jurnal Kesehatan Reproduksi. 2015; (April): 89–96.
- Dinkes. Profil Kesehatan Kabupaten Bantul Tahun 2015. Bantul: Dinkes Bantul; 2016. p. 25.
- Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Riskesdas; 2013.
- Utomo APW. Hubungan Asupan Zat Gizi dan Tingkat Kepatuhan Mengonsumsi Tablet Besi dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas I Kembaran Kabupaten Banyumas [Thesis]. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada; 2014.
- Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. 3rd ed. Jakarta: Salemba Medika; 2013.
- Notoatmodjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
- Nurhidayati RD. Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Anemia pada Ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Tawangsari Kabupaten Sukoharjo [Skripsi]. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.
- Smaldino S, Russell J. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Prentice Hall; 2005.
- Nursalam, Efendi F. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika; 2008.
- Siregar S. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara; 2013. 61 p.
- Sulistyowati D. Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Anemia di Puskesmas Gambisari Surakarta. 2012; Available from: http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id/filesdisk/2/01-gld-frdinasuli-66-1-ktifrd-i.pdf
- Widyawati. Kiat Sehat bagi Ibu Hamil dengan Anemia. 1st ed. Yogyakarta: PSIK FK UGM; 2012. 26-27 p.
- Riwidikdo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Bina Pustaka; 2007.
- Suryono. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press; 2008.
- Depkes. Pedoman Pelayanan Antenatal Terintegrasi. Jakarta: Bina Kesehatan Masyarakat; 2010.
- Kamidah. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Fe di Puskesmas Simo Boyolali. Gaster. 2015;12(1):36–45.
- Wawan A, Dewi M. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nurha Medika; 2010.
- Walyani SE. Asuhan Kebidanan Yogyakarta. Jakarta: EGC; 2015.
- Elisabeth L. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: In Media; 2013.
- Purbadewi L, Setiawan YN. Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Anemia dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil. Jurnal Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang. 2013;2(1):31-39.
- Mubarak WI. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2007.
- Amrina R. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil tentang Gizi Selama Kehamilan [Skripsi]. Surakarta: STIKes Kusuma Husada Surakarta; 2013.
- Bimo W. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2004.
- Kautshar N, Suriah, Jafar N. Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengonsumsi Tablet Zat Besi (Fe) di Puskesmas Bara-Braya [Thesis]. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin; 2013.
- Manuaba IBG. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 1998.
- Sundari A, Aulawi K, Harjanto D. Gambaran Tingkat Pengetahuan tentang Ulkus Diabetik dan Perawatan Kaki pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 [Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada; 2009.
- Tim Dosen PAI. Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish; 2016.
- Warsita B. Teknologi Pembelajaran, Landasan, dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2008.
- Syah M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2015.
- Adawiyani R. Pengaruh Pemberian Booklet terhadap Pengetahuan, Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah, dan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2014; 2(2).
- Maulana H. Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2009.
- Fang KY, Maeder AJ, Bjering H. Current Trends in Electronic Medication Reminders for Self-Care. Australia: Flinders University 2016.
- Fenerty S, West C, Davis S, Kaplan S, Feldman S. The Effect of Reminder Systems on Patients Adherence to Treatment. Patient Prefer Adherence. 2012; 6: 127–35.
- Boeni F, Spinatsch E, Suter K, Hersberger K, Arnet I. Effect of Drug Reminder Packaging on Medication Adherence. BioMed Central. 2014.
- Alvionita I. Pengaruh Pemberian Poster dan SMS Reminder terhadap Kepatuhan Minum Tablet Besi dan Kenaikan Kadar Hb Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puseksmas Sukoharjo [Skripsi]. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakata; 2017.
- Muzayana A, Santosa S, Arum DNS. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Puskesmas Godean I. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak. 2016;9(1).
DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.44276
Article Metrics
Abstract views : 2890 | views : 3392Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Annisa Raufiah Fertimah, Widyawati, Sri Mulyani
Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal)
collaborates with DPW PPNI DIY
Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.