Lingkungan Hidup Dan Keamanan Nasional Redefinisi Konsep Keamanan Dan Kedaulatan Nasional

https://doi.org/10.22146/jkn.11660

Dafri Agussalim dan Armaidy Armawi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Menjelang akhir abad ke tiga sebelum masehi Kaisar Qin Shi Huang membangun tembok yang kemudian dikenal dengan nama The  Great Wall itu dimasudkan untuk melindungi keamanan dan kedaulatan territorial kekaisaran China dari serangan bangsa barbar dari utara negeri itu. Setelah Perang Dunia II (PD II) berdiri tembok lain yang dikenal dengan nama Tembok Berlin yang memisahkannya  Jerman Barat dan Jerman Timur waktu itu. Tujuan didirikanya tembok kedua ini pada dasarnya sama, yaitu untuk melindungi keamanan dan kedaulatan Jerman Timur yang sosialis dari ancaman invasi atau infiltrasi dari Jerman Barat yang kapasitalis.

Kini kedua tembok tersebut memang sudah kehilangan fungsi aslinya. Bahkan Tembok tersebut memang sudah kehilangan fungsi aslinya. Bahkan Tembok Berlin sudah hancur berantakan dan tinggal sebagai hiasan museum aaatau tempat wisata semata. Akan ttapi, tembok sebagai metapora bagi keamanan dan kedaulatan suatu negara terus berlangsung dan berkembang dalam imajinasi manusia.

Walaupun manifestasinya berbeda, dalam benak kebanyakan pemimpin dunia terus berkembang pemikiranya bagaimana cranya agar dapat membangun "tembok" yang lebih besar, lebih kokoh dan lebih superior secara teknologi sehingga lebih tangguh dalam menangkal serangan lawan. 

 

 


Full Text:

PDF


References

Brown, Lester, 1986,"Redefining National Security" State of the World, Norton & CO., New York

Dupont, Alan, 1990, "aUSTRALIA AND THE CONCEPT OG nATIONAL SECURITY" Working Paper, The Strategic Studies and Its Assumptions"in John Boylis (etal), Contemporary Strategy: Theories and Policies, Crom Helm, London

Levy, Jack, 1988, "Contending theories of War", in Kegley, Charles and Wittkopt, Eugene, The Global Agen da; Issues and Perspective (2nd, ed), Random House, New York

Merritt, R.l and Russett, B.M 1981, From National Development to Global Community, Allen &Unwin, London.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.11660

Article Metrics

Abstract views : 930 | views : 2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 1970 Dafri Agussalim dan Armaidy Armawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats