SIMULAKRA PADA FOTO IKLAN BANK DANAMON KARYA ANDRY DILINDRA
Teuku Ade Nur Shofwan(1*)
(1) Gajah Mada University
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi fotografi terus memainkan perannya dalam merepresentasikan perubahan dan dapat berfungsi sebagai kendaraan komunikasi massa dan propaganda. Karakteristik dari medium seni dua dimensi ini juga dapat dipergunakan dalam berbagai hal, salah satunya pada dunia periklanan. Iklan merupakan representasi dari segudang pengalaman emosional yang pernah manusia alami, juga bentuk lain dari sebuah penggambaran harapan. Psikologi harapan dan emosional adalah senjata utama yang setiap hari menyerang masyarakat dari berbagai sisi kehidupan ekonomi kapitalistik. Akibatnya, iklan menjadi semacam katarsis di tengah himpitan kebutuhan yang terus meningkat. Baudrillard memandang sistem objek konsumen dan sistem komunikasi pada dasar periklanan, adalah sebagai pembentukan ‘sebuah kode signifikansi,’ yang mengontrol objek dan individu di tengah masyarakat. Kode tersebut dapat dianalisis melalui studi kasus pada seri iklan Bank Danamon yang merupakan karya fotografer iklan bernama Andry Dilindra. Pada iklan tersebut seolah-olah menawarkan kemudahan, namun pada sisi lain, juga merupakan gambaran kondisi pelipatan ruang-waktu yang dapat bermanifestasi menjadi pelipatan gaya hidup dalam kehidupan sosial. Pelipatan ruang-waktu yang ditunjukkan pada iklan ini menjadi sebuah ekstasi bagi manusia yang menjadikan dirinya dikuasai eskalasi dan berada dalam proses perputaran di luar kontrol yang kehilangan kebermaknaan dan esensi. Ia merupakan kode signifikansi yang mencengkram dunia sosial dan mencapai tahap fraktal dimana kondisi manusia tidak lagi dapat mendeteksi perbedaan antara yang nyata dan imajiner atau menciptakan dunia yang disebut Baudrillard sebagai ekstasis. Semuanya hanya hiperrealitas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Armstrong, Nancy. Fiction in The Age of Photography. London : Harvard University Press, 1999. Baudrillard, Jean. Simulation. (Translated: Paul fos, Paul Patton & Philip Beitchman). USA : Semiotext[e], 1983. Baudrillard, Jean. “Simulation”, dalam Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern. (Terjemahan: Muhammad Taufik). Yogyakarta: Kreasi Wacana & Juxtapose Research and Publication Study Club, 2003. Baudrillard, Jean. “Symbolic Exchange and Death”, dalam Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern. (Terjemahan: Muhammad Taufik). Yogyakarta: Kreasi Wacana & Juxtapose Research and Publication Study Club, 2003. Baudrillard, Jean. “The Transparency of Evil: Essays on Extreme Phenomena”, dalam Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern. (Terjemahan:Muhammad Taufik). Yogyakarta: Kreasi Wacana & Juxtapose Research and Publication Study Club, 2003. Baudrillard, Jean. “Fatal Strategies”, dalam Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern. (Terjemahan:Muhammad Taufik). Yogyakarta: Kreasi Wacana & Juxtapose Research and Publication Study Club, 2003. Bate, David. Photography: The Key Concept. New York : Oxford International Publisher Ltd, 2009. Bull, Stephen. Photography. New York : Routledge, 2010. Dilindra, Andry. Wawancara Penelitian. (Teuku Ade Nur Shofwan) [MOV], 2021. Gleick, James. “Faster: The Acceleration of Just About Everything”, dalam Piliang, Yasraf Amir. Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Cantrik Pustaka, 2020. Marien, Mary Warner. “Photography: A Cultural History 4th ed.”, dalam Bornok, Madohar Batu. Setiawan, Rudi. Estetika Fotografi. Bandung: Universitas Katholik Parahyangan, 2014. Marx, Karl. “A Contribution to the Critique of Political Economy”, dalam Supriadi, Yadi. Periklanan, Perspektif Ekonomi Politik. Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2013. Piliang, Yasraf Amir. Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Cantrik Pustaka, 2020. Piliang, Yasraf Amir. Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, & Matinya Makna. Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2019. Piliang, Yasraf Amir. Jaelani, Jejen. Teori Budaya Kontemporer : Penjelajahan Tanda dan Makna. Yogyakarta: Cantrik Pustaka, 2018. Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern. (Terjemahan: Muhammad Taufik). Yogyakarta: Kreasi Wacana & Juxtapose Research and Publication Study Club, 2003. Supriadi, Yadi. Periklanan, Perspektif Ekonomi Politik. Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2013. Wright, Terence. The Photography Handbook (Media Practice). London: Routledge, 1999. Virilio, Paul. “Open Sky”, dalam Piliang, Yasraf Amir. (2020). Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Bandung: Cantrik Pustaka, 1999.
DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.73999
Article Metrics
Abstract views : 1229 | views : 893Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Teuku Ade Nur Shofwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.